News

Cek Din Solong dilantik sebagai Dekan FAH UIN Ar-Raniry

Cek Din Solong dilantik sebagai Dekan FAH UIN Ar-Raniry
Rektor UIN Ar-Raniry, Prof Mujiburrahman melantik Syarifuddin sebagai Dekan FAH universitas setempat, Jumat (2/9/2022). Foto: Ist

POPULARITAS.COM – Syarifuddin resmi dilantik sebagai Dekan Fakultas Adab dan Humaniora (FAH) Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh periode 2022-2026.

Pria yang akrab disapa Cek Din Solong tersebut menggantikan Fauzi Ismail yang telah memasuki masa purna bakti sebagai dekan periode 2018-2022.

Prosesi pengambilan sumpah jabatan dan pelantikan dipimpin langsung oleh Rektor UIN Ar-Raniry Banda Aceh Prof Mujiburrahman di Gedung Auditorium Prof Ali Hasjmy Darussalam Banda Aceh, Jumat (2/9/2022).

Turut hadir sebagai saksi Ketua Senat UIN Ar-Raniry Banda Aceh Prof Nazaruddin A Wahid dan Kepala Biro Administrasi Umum, Perencanaan dan Keuangan UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Ibnu Sa’dan.

Pria kelahiran Banda Aceh, 01 Januari 1970 yang sebelumnya pernah menjabat sebagai Dekan Fakultas Adab dan Humaniora UIN Ar-Raniry Banda Aceh periode 2016-2018 itu, dilantik untuk kedua kalinya sebagai orang nomor satu di fakultas tersebut.

Agam Syarifuddin atau lebih dikenal Cek Din Solong, mengawali karir sebagai CPNS pada Fakultas Adab IAIN Ar-Raniry Banda Aceh terhitung mulai tanggal 1 Maret 1997. Sudah lebih 25 Tahun, ia mengabdikan hidupnya untuk kemajuan UIN Ar-Raniry Banda Aceh, khususnya Fakultas Adab dan Humaniora.

Berbagai jabatan telah diamanah kepada putra terakhir dari 10 bersaudara keturunan Almarhum Haji Muhammad atau akrab disapa Abu Solong, seorang ahli pengolah dan peracik kopi (barista) legendaris di Aceh.

Pengalaman jabatan struktural pertama yang diembannya adalah sebagai Ketua Prodi Bahasa dan Sastra Arab, selanjutnya pada periode 2012-2016 dipercayakan sebagai Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kelembagaan.

Kemudian, pada periode 2016-2018, Cek Din Solong menjabat sebagai Dekan Fakultas Adab dan Humaniora dan terakhir kembali dilantik untuk kedua kalinya sebagai Dekan Fakultas Adab dan Humaniora periode 2022-2026.

Selain itu, saat ini lulusan Doktor dari Al-Neelain University, Khartoum, Sudan ini pernah dipercayakan sebagai anggota Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Kota Banda Aceh masa khidmat 2019-2024.

Kemudian, Pengurus Wilayah Ikatan Cendekiawan Muslim Se-Indonesia Aceh periode 2021-2026, Pengurus Wilayah Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Provinsi Aceh.

Berikutnya, Syarifuddin juga sebagai pendiri sekaligus Ketua Umum Yayasan Baitusshalihin Ulee Kareng Banda Aceh dan saat ini juga tercatat sebagai Imum Chik Mesjid Jamik Baitusshalihin Ulee Kareng Banda Aceh.

Shares: