News

Cegah Virus Corona, Penumpang dari Luar Negeri Diperiksa Ketat di Bandara SIM

Ilustrasi.

BANDA ACEH (popularitas.com) – Pemeriksaan penumpang dari luar negeri di Bandara Sultan Iskandar Muda (SIM) Blang Bintang, Kabupaten Aceh Besar diperketat pasca merambahnya virus Corona di sejumlah negera.

Virus mematikan yang berasal dari Wuhan, China itu menjadi momok menakutkan bagi sejumlah negara, termasuk Indonesia. Oleh karena itu, PT Angkasa Pura II (Persero) II cabang Bandara Sultan Iskandar Muda Aceh dan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) melakukan pencegahan penyebaran virus tersebut ke Aceh.

“Pengawasan ditingkatkan terhadap penumpang rute internasional yang baru tiba, terutama yang baru tiba dari negara terjangkit,” kata Executive General Manager PT Angkasa Pura II Cabang Bandara SIM, Indra Gunawan kepada wartawan di Banda Aceh, Senin, 27 Januari 2020.

Ia menyebutkan, peningkatan pengawasan antara lain dilakukan oleh KKP dengan dua cara yaitu melakukan proses screening menggunakan kamera pemindai suhu tubuh (thermal scanner) dan pengamatan terhadap penumpang (surveillance syndrome).

Indra menjelaskan, petugas yang memantau pengoperasian alat tersebut akan melakukan tindakan lanjutan jika menemukan pasien yang terdeteksi memiliki suhu tubuh di atas 38 derajat celcius.

“Karena itu, PT Angkasa Pura II dan KKP yang berada di bawah Kementerian Kesehatan memperketat pengawasan khususnya terhadap penumpang rute internasional yang baru tiba,” jelas Indra.

Indra menambahkan, peralatan thermal scanner dipasang atau diaktifkan di terminal kedatangan. Pemasangan tersebut, kata dia, tidak akan mengganggu alur kedatangan penumpang.

“Personel dari KKP akan melakukan pengawasan menggunakan thermal scanner tersebut, serta melakukan surveillance syndrome,” pungkas Indra.* (C-008)

Shares: