BMKG Ingatkan Potensi Bencana Hidrometeorologi di Aceh

POPULARITAS.COM – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini prakiraan cuaca dengan potensi curah hujan lebat yang mencapai kategori 6 di sejumlah daerah di Aceh pada Sabtu (6/3/2021).

Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Stasiun I Sultan Iskandar Muda (SIM) Aceh Besar, Zakaria Ahmad mengatakan, hujan lebat itu bisa berdampak banjir dalam skala menengah di wilayah bataran sungai atau wilayah dataran rendah dan daerah hilir.

“Hujan lebat ini juga bisa berdampak tanah longsor untuk wilayah dataran tinggi dengan potensi dalam skala menengah hingga tinggi,” ujar Zakaria dalam keteranganya, Sabtu (6/3/2021).

Zakaria menjelaskan, peringatan dini prakiraan cuaca itu berlaku untuk Sabtu (6/3/2021) pukul 07.00 WIB hingga Minggu (7/3/2021) pukul 07.00 WIB.

Adapun kabupaten/kota yang berdampak adalah Nagan Raya meliputi Kecamatan Beutong, Senangan Timur, Darul Makmur, Tadu Raya, Tripa Makmur, Kuala, Kuala Pesisir, Suka Makmu, Seunangan. Sementara Aceh Barat meliputi Kecamatan Pantai Ceuremen, Meurebo, dan Kaway XVI.

Kemudian, Gayo Lues meliputi Kecamatan Tripe Jaya, Terangun, Blang Jerango, Kuta Panjang, Blang Peugayon, Putri Betung. Sedangkan Aceh Barat Daya (Abdya) meliputi Kecamatan Babah Rot, Kuala Batee, Susoh, Jeumpa, Blang Pidie, Setia, Lembah Sabil, Manggeng, dan Tangan-Tangan.

Selanjutnya, Aceh Selatan meliputi Kecamatan Labuhan Haji, Labuhan Haji Barat, Labuhan Haji Timur, Meukek Kluet Tengah, Sawang, Sama Dua, Tapak Tuan, Pasi Raja. Sementara Aceh Tenggara meliputi Kecamatan Darul Hasanah.

Zakaria menambahkan, apabila hujan dengan intensitas sangat lebat ini terjadi, maka pesawat bisa ditunda atau dibatalkan sementara penerbangannya. Begitu juga untuk masyarakat diminta agar selalu siaga bila terjadi bencana hidrometeorologi.

“Terutama untuk selalu waspada terhadap potensi yang berdampak pada skala sedang hingga tinggi berupa, banjir sedang hingga untuk daerah aliran sungai, daerah hamparan datar yang luas seperti persawahan yang dapat merendam tanaman petani, banjir genangan di perkotaan, wilayah hilir dan bahkan bisa terjadi banjir bandang serta perlu lebih waspada terhadap potensi tanah longsor untuk wilayah pegunungan,” ucapnya.

Dalam kesempatan itu, BMKG juga mengeluarkan peringatan dini prakiraan cuaca dengan potensi curah hujan sedang hingga hujan lebat pada katagori 4. Adapun kabupaten/kota yang berdampak adalah sebagian besar Kabupaten Aceh Tenggara.

Kemudian, semua kecamatan di Aceh Timur, Gayo Lues, Aceh Tengah, Bireuen, Nagan Raya, Aceh Barat, Pidie Jaya dan Aceh Singkil. Lalu, Aceh Jaya yang meliputi Kecamatan Pasi Raja dan Lhokseumawe yang meliputi Kecamatan Muara Satu dan Blang Mangat.

“Pada kategori ini pesawat bisa ditunda atau dibatalkan sementara penerbangannya. Begitu juga untuk masyarakat diminta agar selalu siaga bila terjadi bencana hidrometeorologi,” tutur Zakaria.

Editor: dani

Ucapan Pelantikan JMSI dari BPKA
Ucapan Pelantikan JMSI – Bank Aceh
1 Komen
  1. […] Baca juga : BMKG Ingatkan Potensi Bencana Hidrometeorologi di Aceh […]

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.