News

BMKG Ingatkan Potensi Banjir untuk Aceh Jaya dan Aceh Besar

Banjir terjadi di Kaampong Aree Pidie Senin 18 Januari 2021 merendam sejumlah rumah Warga. Foto; BPBA Aceh

POPULARITAS.COM – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengingatkan potensi hujan yang bisa menyebabkan banjir untuk wilayah Aceh Jaya dan Aceh Besar. Peringatan ini berlaku mulai 30 hingga 31 Maret 2021.

Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Iskandar Muda Banda Aceh, Zakaria Ahmad mengatakan, Kabupaten Aceh Jaya yang berpotensi hujan lebat meliputi Kecamatan Panga, Setia Bakti, Krueng Sabe, Darul Himah, Sampoiniet, Jaya, dan Indra Jaya.

“Aceh Besar meliputi Kecamatan Lhoong, Kuta Cot Gli, Lupueng dan Kota Jantho. Ini wilayah yang katagori 6,” sebut Zakaria dalam keterangannya, Selasa (30/3/2021).

Dalam kesempatan itu, kata Zakaria, BMKG Koordinator Provinsi Aceh juga mengeluarkan peringatan dini prakiraan cuaca dengan potensi curah hujan sedang hingga hujan lebat pada katagori 4.

Kondisi ini, kata dia, juga berdampak banjir dalam skala menengah di wilayah bataran sungai atau wilayah dataran rendah, daerah hilir serta tanah longsor untuk wilayah dataran tinggi dalam skala menengah.

Zakaria merincikan, peringatan dini ini berlaku mulai 30 Maret hingga 1 April 2021. Adapun kabupaten/kota yang berdampak adalah Aceh Utara, Bener Meriah, Bireuen, Aceh Tengah, Aceh Jaya, Pidie, Aceh Barat, Pidie Jaya.

Kemudian, Aceh Besar, Aceh Singkil, Aceh Timur, Aceh Tengah, Aceh Barat, Nagan Raya, Gayo Luwes, Aceh Barat Daya, Aceh Selatan, Aceh Tenggara, Aceh Tamiang, Subulussalam, Lhokseumawe, Sabang dan Simeulue.

“Pada katagori ini pesawat bisa ditunda atau dibatalkan sementara penerbangannya. Begitu juga untuk masyarakat diminta agar selalu siaga bila terjadi bencana hidrometeorologi,” kata Zakaria.

Editor: dani

Shares: