News

BMKG ingatkan potensi angin kencang di wilayah timur Aceh

Prakiraan cuaca di Aceh hari ini
Ilustrasi angin kencang. Foto: Net

POPULARITAS.COM – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Malikussaleh Lhokseumawe, Aceh, mengingatkan potensi angin kencang dengan kecepatan 20 kilometer per jam di wilayah timur Aceh dalam beberapa hari ke depan.

“Dalam tiga hari ke depan, cuaca di Aceh bagian timur cerah berawan, namun menjelang sore hari berpotensi terjadi angin kencang karena adanya peningkatan kecepatan arah angin,” kata Prakirawan BMKG Stasiun Malikussaleh Wiwit Nitasari di Lhokseumawe, Senin (8/8/2022).

Wiwit Nitasari mengatakan kecepatan angin untuk tiga hari ke depan diprediksi lebih kencang dari biasanya, namun tidak berpotensi terjadinya puting beliung.

“Berdasarkan hasil pengamatan, kecepatan angin beberapa hari ke depan mulai dari empat hingga 20 kilometer per jam. Sementara untuk potensi angin puting beliung akan terjadi dengan kecepatan di atas 30 kilometer,” kata Wiwit Nitasari.

Terkait suhu udara, Wiwit Nitasari menyebutkan di Kota Lhokseumawe dan sekitarnya berkisar 23 hingga 32 derajat celcius. Sementara kondisi gelombang laut terpantau aman untuk pelayaran.

“Suhu udara di Lhokseumawe dan sekitarnya cukup panas, namun masih dalam kondisi normal. Gelombang laut di perairan Lhokseumawe 0,1 sampai 0,5 meter, sementara untuk perairan Selat Malaka bagian utara mencapai 1,2 meter,” kata Wiwit Nitasari.

Menyangkut dengan titik panas, Wiwit Nitasari mengatakan berdasarkan hasil pantauan Stasiun Malikussaleh belum terlihat titik api di Aceh bagian timur, meliputi Kota Lhokseumawe, Kabupaten Aceh Utara, dan sekitaranya

“Titik api yang terpantau hanya satu, berada di pesisir barat selatan Aceh, tepatnya di Kecamatan Trumon Timur, Kabupaten Aceh Selatan,” kata Wiwit Nitasari. (ant)

Shares: