InsfrastrukturNews

Bener Meriah Apresiasi Pemerintah Aceh Bangun Jalan Untuk Retas Keterisoliran

Sarkawi. (Foto: RRI)

BANDA ACEH (popularitas.com) – Pemerintah Kabupaten Bener Meriah mengapresiasi Pemerintah Aceh karena menjadikan pembangunan jalan Simpang Tiga–Redelong-Pondok Baru-Samar Kilang jadi program prioritas.

Bupati Bener Meriah, Sarkawi, mengatakan pembangunan itu sangat dibutuhkan oleh masyarakat setempat. Dan mempermudah akses warga. Sehingga, laju perekonomian bisa lancar.

“Saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Pemerintah Aceh yang telah menjadikan pembangunan jalan Simpang Tiga Redelong – Pondok Baru – Samar Kilang sebagai salah satu program prioritas Pemerintah Aceh,” kata Sarwkawi saat dikonfirmasi, Senin, 10 Februari 2020.

Baca: Pembangunan 11 Ruas Jalan Prioritas Optimalkan Dana Otsus Aceh

Pembangunan ini, kata dia, sudah diusulkan oleh Pemkab Bener Meriah dengan Plt Gubernur Aceh, PUPR Aceh dan DPRA beberapa waktu lalu. Sebab, pembangunan jalan itu bisa membuka keterisoliran daerah setempat.

“Ini sangat berguna, selain dapat meretas keterisoliran Samar Kilang juga dipastikan akan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat setempat,” ucap Sarkawi.

Kalau jalan Pondok Baru – Samar Kilang – Aceh Timur baik, kata dia maka perekonomian masyarakat Kabupaten Bener Meriah secara umum dan khususnya Masyarakat Samar Kilang akan lebih sejahtera, jika lintas Pondok Baru – Samar Kilang – Aceh Timur bagus, maka mempermudah akses pengiriman barang hasil komoditi Masyarakat Bener Meriah langsung ke kabupaten tetangga, terutama Aceh Timur.

Sebelumnya, Pemerintah Aceh berencana melakukan revitalisasi 11 ruas jalan prioritas, pelaksanaannya akan dimulai pada 2020 dan diproyeksikan akan tuntas pada 2022.

Untuk merealisasikan rencana tersebut, Pemerintah Aceh mengalokasikan anggaran Rp 2,47 triliun lebih, pembangunannya sendiri akan dilaksanakan dengan sistem kontrak multi tahun atau multiyears (MYC).

Salah satu ruas jalan yang akan dilakukan revitalisasi tersebut yaitu ruas jalan Simpang Redelong-Pondok Baru-Samar Kilang, untuk membuka isolasi masyarakat di kawasan Samar Kilang, Bener Meriah dengan panjang 57,08 kilometer. (DRA)

Shares: