Dinas Kebudayaan dan Pariwisata AcehNews

Belasan ribu wisatawan kunjungi Museum Tsunami selama libur lebaran

Sebanyak 14.592 orang wisatawan dari berbagai daerah di dalam dan luar Aceh mengunjungi destinasi wisata sejarah Museum Tsunami Aceh sepanjang libur Lebaran Hari Raya Idulfitri 1443 Hijriah.
Museum Tsunami ditutup tiga hari selama libur idul adha
Museum Tsunami Aceh

POPULARITAS.COM – Sebanyak 14.592 orang wisatawan dari berbagai daerah di dalam dan luar Aceh mengunjungi destinasi wisata sejarah Museum Tsunami Aceh sepanjang libur Lebaran Hari Raya Idulfitri 1443 Hijriah.

“Total kunjungan ke Museum Tsunami Aceh sebanyak 14.592 orang selama libur lebaran,” kata Kepala UPTD Museum Tsunami Aceh M Syahputra ZA di Banda Aceh, Senin (9/5/2022).

Dijelaskan Museum Tsunami Aceh mulai dibuka pada H+2 Idul Fitri atau Rabu (4/5/2022) lalu. Antusiasme masyarakat sangat tinggi untuk mengunjungi destinasi wisata edukasi kebencanaan itu.

Hal tersebut dibuktikan dengan jumlah kunjungan wisatawan ke museum itu antara 3.000 hingga 4.000 orang per hari.

“Rata-rata kunjungannya kurang lebih 3.500 orang per hari selama dibuka libur lebaran,” katanya.

Museum Tsunami Aceh sudah menjadi ikon yang wajib dikunjungi wisatawan jika berada di daerah berjulukan Tanah Rencong itu, untuk mengenang peristiwa tsunami sekaligus sebagai edukasi tentang kesiapsiagaan kebencanaan.

Menurut Syahputra, animo masyarakat untuk berwisata sangat tinggi, mengingat dalam dalam dua tahun terakhir tempat wisata tutup akibat pandemi COVID-19.

Tahun ini, jumlah hari libur juga panjang sehingga dimanfaatkan untuk berwisata. Kemudian, kata dia, para pengunjung umumnya dari luar daerah. Paling banyak dari Sumatera Utara, serta beberapa daerah lain.

“Iya kebanyakan dari luar Aceh. Terlihat juga dari plat (nomor polisi) kendaraan yang parkir di area museum,” katanya.

Seperti diketahui, Museum Tsunami Aceh diresmikan pada 2008 silam. Museum ini menyimpan cerita-cerita tentang tragedi tsunami yang memporak-porandakan Aceh pada 2004 silam. Hingga saat ini, museum ini menjadi destinasi wisata favorit. (ANT)

Shares: