News

Balai pengajian di Aceh Besar terbakar

Balai pengajian di Aceh Besar terbakar
Petugas pemadam kebakaran sedang berjibaku mejinakan api di Blang Krueng, Aceh Besar, Jumat (15/7/2022) malam. Foto: DPKP Banda Aceh

POPULARITAS.COM – Balai pengajian Darul Riqki di Gampong Blang Krueng, Kecamatan Baitussalam, Aceh Besar ludes terbakar, pada Jumat (15/7/2022) malam sekira pukul 20.16 WIB.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Besar, Ridwan Jamil dalam keterangannya, Sabtu (16/7/2022) mengatakan bangunan berkonstruksi kayu milik Tgk Abdul Rajak (47) itu mengalami rusak berat akibat dilalap sijago merah.

“Saat menerima informasi petugas langsung menuju lokasi untuk melakukan penanganan, namun api sudah membesar dan telah menghabiskan seluruh bagian balai pengajian yang berkonstruksi kayu, sehingga petugas pun langsung melakukan blokade api agar tidak merambat dan meluas ke bagian rumah warga lain,” kata Ridwan.

Selain menghanguskan balai pengajian, lanjut Ridwan, tiga unit kendaraan roda dua, satu unit becak, genset, satu set peralatan sound system juga rusak berat serta Alquran dan kitab-kitab di balai tersebut ikut terbakar.

Menurut Ridwan, upaya pemadaman api, pihaknya mengerahkan tiga unit armada pemadam kebakaran pos Induk Sibreh dan dibantu satu unit armada Pos Kajhu, serta dua unit armada dari DPKP Kota Banda Aceh.

“Usaha pemadaman dan pendinginan baru selesai pada pukul 21.00 WIB, Untuk penyebab kejadian kebakaran sudah dalam penanganan pihak yang berwajib,” katanya.

Ridwan mengimbau kepada masyarakat agar senantiasa meningkatkan kewaspadaan untuk dapat mencegah terjadinya kebakaran serta tidak melakukan pembakaran sampah sembarangan.

“Pembakaran sampah harus selalu diawasi, apalagi beberapa hari ini hampir setiap hari terjadi kebakaran baik itu rumah, tempat usaha serta hutan dan lahan,” tutup Ridwan.

Shares: