News

Atal S. Depari Yakin JMSI Dapat Memberi Manfaat

Pengurus dan anggota PWI wajib mundur jika maju Caleg
Ketua Umum Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Atal S Depari

BANJARMASIN (popularitas.com) – Setelah Ketua Dewan Kehormatan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Ilham Bintang, kini giliran Ketua Umum PWI Atal S. Depari menyampaikan dukungan atas pembentukan Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) yang dilakukan di Hotel Aria Barito, Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Minggu, 9 februari 2020, di sela peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2020.

Dalam pertemuan dengan Plt. Ketua Umum JMSI Mahmud Marhaba di sela syukuran HPN 2020 di Gedung Mahligai Pancasila di Banjarmasin, Minggu (9/2), Atal S. Depari mengatakan, di era digital ini masyarakat Indonesia membutuhkan pengelolaan media siber secara profesional.

“Keberadaan organisasi yang menaungi perusahaan media siber adalah sebuah tuntutan  di era digital dan keterbukaan,” ujar Atal S. Depari.

Atal juga mengatakan dirinya percaya JMSI akan tumbuh sebagai organisasi yang sehat dan dapat memberikan manfaat bagi anggotanya, perusahaan-perusahaan media massa berbasis internet di berbagai daerah di Indonesia.

Keyakinan Atal S. Depari itu didorong kenyataan bahwa sejumlah tokoh PWI di tingkat nasional juga memberikan sumbangsih yang tak kecil atas pendirian JMSI.

Selain Ketua Dewan Kehormatan PWI Ilham Bintang, deklarasi JMSI juga dihadiri tiga anggota Dewan Kehormatan PWI, Sasongkotedjo, Rossiana Silalahi, dan Teguh Santosa yang diberi mandat membentuk pengurus JMSI di DKI Jakarta.

Selain tokoh PWI di tingkat nasional, sejumlah tokoh senior PWI dari berbagai daerah juga ikut membidani kelahiran JMSI. Di antaranya Dheni Kurnia dari Riau, Mursyid Sonsang dari Jambi, Syahrizal Aziz dari Sumatera Barat, dan Mahmud Marhaba dari Gorontalo yang secara aklamasi dipercaya deklarator menjadi Plt. Ketua Umum JMSI.

“Sekarang ada JMSI, Apalagi ini pendirinya adalah orang PWI. Tak ada masalah,” ujar Atal S. Depari.

Dalam deklarasi yang juga dihadiri Staf Ahli Menteri Komunikasi dan Informatika Kominfo), Prof. Dr. Henri Subiakto, selain memutuskan rencana Musyawarah Nasional pertama di Riau pada bulan Juli, JMSI juga memutuskan pembentukan dua komisi teknis yang masing-masing membahas AD/ART dan badan hukum perkumpulan.

Juga direncanakan tahun ini juga JMSI akan mendaftarkan diri sebagai konstituen Dewan Pers yang mewakili organisasi perusahaan media siber. (RIL)

Shares: