Aparat Saudi Tangkap 9 Penerobos Masjidil Haram Saat Haji

POPULARITAS.COM – Aparat keamanan Arab Saudi menangkap sembilan orang yang hendak menerobos ke Masjidil Haram di Mekah di tengah pelaksanaan ibadah haji.

Dilansir Saudi Gazette yang mengutip kantor berita Saudi Press Agency, informasi itu disampaikan oleh Komandan Pasukan Pengamanan Haji, Brigjen Sami Al-Shuwairekh.

Dia mengatakan pasukannya pada Sabtu pekan lalu menangkap sembilan orang yang hendak menerobos Masjidil Haram.

Al-Shuwairekh mengatakan para pelanggar itu lantas didenda masing-masing 10 ribu Riyal (sekitar Rp38 juta).

Dia meminta para penduduk dan pemukim di Saudi memahami aturan pelaksanaan haji tahun ini yang digelar terbatas, yakni hanya untuk 60 ribu orang.

Dia memperingatkan supaya jangan ada lagi yang nekat ingin menerobos Masjidil Haram atau sejumlah lokasi ibadah haji lainnya.

Kementerian Kesehatan Arab Saudi menyatakan seluruh jemaah calon haji dalam kondisi prima. Pada Sabtu pekan lalu tercatat ada sebuah insiden yakni mana seorang calon haji asal Pakistan mengalami serangan jantung, tetapi berhasil ditolong.

Saat ini jemaah calon haji sedang berada di Padang Arafah, Mina, untuk melakukan wukuf sebagai puncak ibadah. Besok umat Muslim di dunia akan memperingati Idul Adha.

Pelaksanaan haji tahun masih dilakukan terbatas seperti tahun lalu. Pada tahun ini ada 60 ribu orang yang terpilih setelah melalui seleksi dari 558 ribu orang yang mendaftar yang berasal dari 150 negara.

Mereka yang mendaftar haji tahun ini hanya bisa dilakukan oleh penduduk Saudi dan pemukim yang tinggal dalam waktu lama di negara itu.

Pelaksanaan ibadah haji tahun ini juga menerapkan protokol kesehatan dengan ketat untuk menghindari penyebaran Covid-19. Para calon haji wajib mengenakan masker sepanjang waktu, menjaga jarak dan dilarang menyentuh Hajar Aswad di Ka’bah.

Pelaksanaan ibadah juga digelar beregu dan diberi waktu tertentu untuk menghindari penumpukan dan kerumunan jemaah di lokasi ibadah.

Selain itu para jemaah calon haji diberikan gelang dan kartu pengenal khusus yang membantu memudahkan mereka mengetahui lokasi penginapan dan tempat wukuf.

Saudi juga mengerahkan robot untuk membagikan air zam-zam demi menekan kontak fisik antara petugas dan jemaah calon haji.

Sumber: CNN

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.