Headline

Aceh dan Republik Ceko tandatangani kerjasama kesepakatan bisnis

Delegasi Republik Ceko dan Pemerintah Aceh, melakukan penandatangan sejumlah kesepakatan bisnis, yang membuka ruang kerjasama kedua belah pihak dalam meningkatkan hubungan bisnis keduanya.
Aceh dan Republik Ceko tandatangani kerjasama kesepakatan bisnis
Kepala DPMPTSP Aceh, Marthunis menandatangani perjanjian kerja sama Pemerintah Aceh dengan Perusahaan dari Republik Ceko, pada acara Forum Bisnis Aceh- Republik Ceko, di Hermes Palace Hotel, Banda Aceh, Kamis, (24/6/2021).

POPULARITAS.COM – Delegasi Republik Ceko dan Pemerintah Aceh, melakukan penandatangan sejumlah kesepakatan bisnis, yang membuka ruang kerjasama kedua belah pihak dalam meningkatkan hubungan bisnis keduanya.

Penandatanganan kesepakatan itu, dilakukan oleh Gubernur Aceh, yang diwakili oleh Kepala Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), Marthunis, dengan Wakil Menteri Perindustrian dan Perdagangan Republik Ceko, Martina Tauberova, di salah satu Hotel di Banda Aceh, Kamis (24/6/2021).

Kepala DPMPTSP Aceh, Martunis, dalam kesempatan itu mengatakan, pihaknya berkomitmen penuh mendukung langkah Republik Ceko berinvestasi di Aceh, dan akan memberikan insentif serta kemudahan lainnya guna mewujudkan kesempatan kedua belah pihak.

baca juga : Pelaku Usaha di Aceh Meeting Bisnis dengan Pemerintah Ceko

Marthunis menjelaskan, kemudahan perizinan dan pelayanan yang baik bagi investor dan pengusaha penting diberikan guna meningkatkan iklim investasi. Pihaknya akan memberikan semua bantuan dan dukungan yang diperlukan kepada para mitra untuk berinvestasi di Aceh.

Dalam kesempatan tersebut, Marthunis juga menyampaikan harapannya agar forum pertemuan tersebut dapat menjadi wadah meningkatkan kemitraan antara pelaku usaha di Aceh yang tergabung dalam Kadin dengan delegasi pengusaha dari Ceko. Ia meminta kedua belah pihak saling mengidentifikasi komoditas atau produk perdagangan yang potensial.

“Kedua belah pihak selanjutnya dapat saling bertukar daftar dan informasi produk potensial yang memiliki standar ekspor; serta regulasi ekspor dan impor dari masing-masing pihak,” kata Marthunis.

“Saya memiliki keyakinan yang kuat bahwa pertemuan ini akan meningkatkan kerja sama antara Aceh dan Republik Ceko, tidak hanya di sektor lingkungan, tetapi juga di sektor lain seperti pendidikan pariwisata dan investasi,” kata Kepala Dinas PMPTSP itu.

Dalam kesempatan yang sama, Marthunis juga memaparkan sejumlah potensi bisnis dan investasi yang dimiliki Aceh di hadapan Menteri dan delegasi pengusaha dari Republik Ceko. Diantara potensi yang dipaparkannya itu adalah kawasan pariwisata, sarana kawasan industri, pelabuhan, sarana konektivitas dan potensi energi.

baca juga : Kadin dukung penuh rencana Ceko investasi di Aceh

Selain itu, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Provinsi Aceh tersebut, juga melakukan penandatanganan perjanjian kerja sama dengan Perusahaan Orka Venture Ltd dan Consulting s.r.o. serta perusahaan lainnya dari Republik Ceko.

Sementara itu, Wakil Menteri Perindustrian dan Perdagangan Republik Ceko, Martina Tauberova, mengungkapkan kesenangannya terhadap adanya forum bisnis yang menghadirkan para delegasi resmi yang membawa misi bisnis Ceko itu.

Ia mengatakan, pertemuan tersebut akan memberikan dorongan yang kuat bagi perkembangan lebih lanjut terhadap hubungan perdagangan bilateral antara Republik Ceko dengan Indonesia, khususnya Provinsi Aceh.

Turut hadir perwakilan Pemerintah dan dunia usaha Aceh dalam Forum Bisnis Aceh- Republik Ceko itu, Plt Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Indonesia Aceh, Muhammad Iqbal, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda Aceh, Mawardi, Kepala Dinas Pariwisata Aceh, Jamaluddin, dan Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Aceh, Mahdi Nur. 

Editor : Hendro Saky

Shares: