NewsOlahraga

884 pelajar Se-Indonesia bertanding di O2SN

Sebanyak 884 pelajar, tingkat SMA dan SMK, dari seluruh Indonesia, akan bertanding pada olimpiade olahraga nasional (O2SN), yang digelar di Banda Aceh. Kegiatan yang resmi dibuka hari ini, Senin, 26 Agustus 2019, direncanakan akan berakhir pada 30 Agustus mendatang.
Sekjen Kemendikbud Didik Nurhadi, didampingi Asisten II Setda Aceh, yang mewakili Plt Gubernur, saat membuka O2SN, yang berlangsung hingga 20 Agustus 2019

BANDA ACEH (popularitas.com) : Sebanyak 884 pelajar, tingkat SMA dan SMK, dari seluruh Indonesia, akan bertanding pada olimpiade olahraga nasional (O2SN), yang digelar di Banda Aceh. Kegiatan yang resmi dibuka hari ini, Senin, 26 Agustus 2019, direncanakan akan berakhir pada 30 Agustus mendatang.

Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, yang diwakili asisten II, Setda Aceh, M Jafar, saat memberikan sambuatan pada acara tersebut, mengatakan, sebagai tuan rumah, pihaknya berharap, para atlit, dan oficial, yang berlaga dan bertanding dalam kegiatan ini, tetap menjunjung semangat sportivitas.

“Mewakili Plt Gubernur , saya mengucapakan selamat datang di Aceh, semoga betah dirumah kami ini,” kata M Jafar.

Ia menjelaskan, sebagai tuan rumah, pihaknya terus mempersiapkan seluruh fasilitas penyelenggaraan O2SN ini jauh hari, dengan harapan, upaya tersebut dapat memberikan kesan yang baik kepada para peserta, yang hadir dari seluruh provinsi di Indonesia.

Pembukaan O2SN sendir, berlangsung di Stadion Harapan Bangsa Lhoong Raya, dan hadir Sekretaris Jenderal Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan, Didik Suhardi, yang sekaligus membukan even tingkat pelajar nasional tersebut.

Saat pembukaan, peserta yang hadir, disuguhkan tarian kolosal, berupa tari Seudati, Ratoh Jaroe, dan Saman, yang dibawakan sekurangnya 1.300 pelajar. Yang uniknya, pada saat membawa tarian Ratoh Jaroe, para penari, mengenakan pakaian tradisional dari 34 provinsi yang ada di Indonesia.

Sekjen Kemendikbud, Didik Suhardi, mengatakan seremonial pembukaan O2SN di Aceh sangat meriah dan melebihi pembukaan kegiatan serupa di tahun-tahun sebelumnya. Maklum, ribuan siswa sekolah dari Bandar Aceh dan Aceh Besar memadati stadion tersebut. 

Didik mengatakan, kegiatan O2SN menjadi sarana mencair bakat olahragawan muda yang dipersiapkan sebagai generasi emas Indonesia. “Mereka akan menjadi anak yang hebat, berkarakter dan punya kemampuan tinggi untuk menyongsong Indonesia emas di tahun 2045.”

Istri Plt Gubernur Aceh, Dyah Erti Idawati, saat ikut menyambut peserta O2SN

Lewat olahraga, Didik berharap timbul nasionalisme yang tinggi dan kesetiakawanan antar-sesama anak bangsa. “Kita berbeda, Indonesia adalah satu. Anak Papua boleh hidup di Aceh, anak Aceh boleh hidup di Jawa. Anak Indonesia boleh hidup di manapun,” kata Didik. 

Sementara Ketua Pelaksana Kegiatan, Syaridin, mengatakan bahwa sebanyak 884 atlet usia sekolah (SMA dan SMK) yang ikut O2SN tahun 2019 di Aceh. Ia mengatakan kegiatan tersebut sebagai wadah untuk memfasilitasi dan memotivasi siswa yang punya bakat minat di bidang olahraga. 

“Kegiatan ini juga untuk meningkatkan rasa persatuan dan persaudaraan generasi muda serta menjaring peserta didik unggul untuk diikutsertakan dalam kegiatan olahraga di tingkat nasional,” kata Syaridin. 

Secara keseluruhan, Syaridin merinci total keseluruhan tamu yang hadir untuk menyukseskan kegiatan tersebut yang berjumlah 2.037 orang. Di antaranya adalah 136 atlet SMA dan 68 atlet SMK cabang atletik. Selanjutnya adalah 68 atlet SMA dan 68 atlet SMK cabang Bulu Tangkis, 136 siswa SMA dan 68 pelajar SMK cabang olahraga Pencak Silat. 

Selanjutnya adalah 136 siswa SMA dan 68 siswa SMK cabang olahraga Karate dan 68 pelajar SMA dan 68 pelajar SMK cabang olahraga renang. ” Juga ada 68 orang official serta 340 orang pelatih,” kata Syaridin. 

O2SN akan diselenggarakan dibeberapa tempat. Cabang atletik akan dilangsungkan di Stadion Harapan Bangsa, cabang bulutangkis akan diselenggarakan di GOR KONI Aceh dan GOR Gampong Lambung, cabang Pencak Silat akan dilangsungkan di Kampus Unsyiah dan Stadion Harapan Bangsa.

Sementara Cabang Karate akan berlangsung di Ballroom Hotel Grand Nanggroe dan Hotel Grand Syariah. Untuk atlet cabang olahraga renang akan bertanding di kolam renang Raider Iskandar Muda di Mata Ie. (SKY/RIL)

Shares: