News

8 Hektare Hutan di Bener Meriah Diduga Sengaja Dibakar

Petugas memadamkan api di lahan yang terbakar di Bener Meriah. (ist)

POPULARITAS.COM –  Delapan Hektare hutan dan lahan di kawasan Desa Mangku, Kecamatan Bandar, Kabupaten Bener Meriah terbakar pada Selasa (03/08/2021).

Kebakaran itu diketahui oleh warga sekitar saat berkebun.

“Lokasi kebakaran itu tidak jauh dari kebun warga, mereka tidak mengetahui dari mana sumber api, warga menyadari ada kebakaran karena melihat kepulan asap di tengah hutan pinus,” kata Komandan Kodim 0119/Bener Meriah Letkol Inf Valiyan Tatyunus, Rabu (4/7).

Namun situasi angin yang kencang, juga membuat api yang semula kecil kemudian membesar sehingga api dengan cepat menjalar ke lokasi lahan yang ditumbuhi pohon pinus.

Melihat api yang semakin membesar dan menjalar, seorang warga desa tersebut langsung menghubungi dan melaporkan kepada aparat desa.

Mendengar informasi itu, personel TNI  bersama tim gabungan langsung menuju lokasi guna memadamkan api. Kata Dandim, diperkirakan lahan pinus terbakar seluas 8 hektare

“Dugaan sementara hutan itu sengaja dibakar oleh orang yang tidak bertanggung jawab,” katanya.

Untuk itu, lima unit mobil pemadam kebakaran dikerahkan untuk memadamkan api,

“Sejauh ini belum ada kendala di lapangan, hanya saja lokasi kebakaran tersebut berada di daerah lembah perbukitan sehingga menyulitkan untuk komunikasi,” sebutnya.

Ia menjelaskan, diperkirakan kebakaran yang terjadi menghanguskan seluas delapan hektar lahan, yaitu di lahan pinus. Proses pemadaman dilakukan sekitar pukul 10.30 WIB. Saat ini kasus kebakaran hutan pinus tersebut sedang dalam proses penanganan oleh pihak Polres Kab Bener Meriah.

Editor: dani

Shares: