News

6.408 Jiwa Terdampak Banjir di Aceh Jaya

ilustrasi, TNI sedang bergotong royong membantu korban banjir membersihkan rumah dan puing sisa banjir. (Ist)

POPULARITAS.COM – Hujan deras yang mengguyur Kabupaten Aceh Jaya dan sekitarnya menyebabkan 48 desa di kabupaten itu terendam banjir pada Selasa (6/7/2021) dini hari. Akibatnya, 6.408 jiwa dari 2.031 ikut terdampak.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA), Ilyas menyebutkan, 48 desa itu tersebar di tujuh kecamatan di Aceh Jaya. Adapun ketinggian air antara 20-70 cm.

“Cuaca ekstrem menyebabkan hujan dengan intensitas sedang hingga tinggi sejak Senin sore pukul 18.00 WIB, sehingga terjadi banjir setinggi rata-rata 20-70 cm yang menggenangi rumah-rumah warga,” ujar Ilyas dalam keterangannya, Selasa (6/7/2021).

Adapun tujuh kecamatan yang terkena banjir, lanjut Ilyas, adalah Teunom, Darul Hikmah, Setia Bakti, Krueng Sabee, Sampoiniet, dan Jaya.

Ilyas menambahkan, BPBD Aceh Jaya telah mengerahkan tim reaksi cepat ke lokasi dengan rubber boat, mobil pickup, dan mobil evakuasi untuk melakukan kaji cepat, serta mengerahkan JCB untuk pengerukan saluran yang tersumbat.

“Data pengungsi dalam pendataan,” sebut Ilyas.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) sebelumnya mengingatkan agar masyarakat di sejumlah kabupaten/kota di Aceh waspada terhadap potensi curah hujan sedang hingga lebat pada 6-7 Juli 2021.

Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Iskandar muda Banda Aceh, Zakaria Ahmad menyebutkan, curah hujan tinggi berpotensi terjadi longsor atau guguran bebatuan dalam skala kecil.

“Juga terjadi genangan air di daerah pesisir atau di dataran rendah dalam skala kecil, banjir menggenangi sebagian jalanan dan pemukiman dan banjir mengganggu aktivitas masyarakat dalam skala kecil,” ungkap Zakaria.

Editor: dani

Shares: