NewsSyariat Islam

1.128 peserta akan ramaikan MTQ Aceh ke-35 di Bener Meriah

Sebanyak 1.128 peserta akan mengikuti Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) Aceh ke-35 pada 18-25 Juni 2022 di Benar Meriah.
1.128 peserta akan ramaikan MTQ Aceh ke-35 di Bener Meriah
GUBERNUR Aceh, Nova Iriansyah, saat meninjau venue pelaksanaan MTQ di Kabupaten Bener Meriah, Sabtu (14/8/2021)

POPULARITAS.COM – Sebanyak 1.128 peserta akan mengikuti Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Aceh ke-35 pada 18-25 Juni 2022 di Benar Meriah.

“MTQ Aceh ke-35 merupakan ajang kegiatan yang dilaksanakan dalam dua tahun sekali untuk mencari kader yang akan diikutkan dalam MTQ tingkat nasional,” kata Kadis Dinas Syariat, EMK Alidar di Banda Aceh, Minggu (12/6/2022) dilansir Antara.

Ia menjelaskan kegiatan tersebut juga bagian membumikan Al Quran  dan mencari qari-qari terbaik yang akan mewakili Aceh untuk kegiatan nasional.

Adapun cabang yang dilombakan dalam MTQ Aceh ke-35 ini, yaitu tilawah, qiraat sab’ah, tahfiz, tafsir, fahmil, syarhil, khattil, dan karya tulis ilmiah.

Beberapa cabang lomba tersebut akan dilaksanakan di berbagai tempat berbeda.

“Area panggung utama berada di Lapangan Pacuan Kuda Bener Meriah. Kemudian, ada 9 arena lainnya yaitu di Masjid Al-Muttaqin, Babussalam, Al-Amilin, Nur Nabawi, Aula SMA Bukit, Aula Busfin, Lap Mini, Gor, dan Aula DPRK,” katanya.

Kepala Seksi Bimbingan dan Pelatihan Dinas Syariat Islam Aceh, T. Mardhatillah menambahkan bahwa panitia pelaksana telah membuat media aplikasi yang berbagai informasi tentang penyelanggaran MTQ Aceh ke-35 yang dapat diunduh di Play Store.

“Untuk selayang pandang silakan download aplikasi MTQ Aceh 2022: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.gayodev.mtqbm,” katanya.

Ketua Dewan Hakim Majelis Tilawah Tartil, Remaja, dan Tuna Netra, T. Mardhatillah, mengatakan para peserta yang mengikuti ajang lomba ini merupakan peserta terbaik yang berhasil melewati tahap seleksi Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) atau Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) di tingkat kabupaten/kota.  “Hasilnya atau peserta terbaik di masing-masing cabang dan golongan dikirim untuk mengikuti MTQ tingkat provinsi,” katanya.

Shares: