News

YLBHI Sebut 50 Mahasiswa Hilang Saat Demonstrasi di DPR

JAKARTA (popularitas.com) – Ketua Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia (YLBHI), Asfinawati menyebut ada sekira 50 mahasiswa yang hilang usai mengikuti demonstrasi di Gedung DPR, Jakarta, kemarin. Hal itu diketahui setelah pihaknya menerima aduan dari berbagai perwakilan mahasiswa.

“Datanya bervariasi, yang pasti lebih dari 50 orang sampai 100 orang itu belum bisa diketahui kontaknya oleh teman-temannya,” kata Asfinawati di Gedung LBH, Jakarta Pusat, Rabu (25/9).

Saat berlangsung aksi unjuk rasa, kata dia, kordinator dari masing-masing kampus tak fokus untuk melindungi para mahasiswa yang ikut dalam aksi tersebut. Hal itu dikarenakan situasi ketika itu memaksa mereka harus menyelamatkan dirinya masing-masing.

“Teman-teman mahasiswa sangat resah sebetulnya, karena mereka kan terpencar-pencar kan. Karena mereka harus bertanggung jawab atas kelompoknya masing-masing,” ujarnya.

Ia menduga mahasiswa yang diduga hilang itu sedang menjalani perawatan di rumah sakit setelah mendapat tindakan kekerasan dari aparat kepolisian.

“Karena itu kepada rumah sakit, kepolisian, dan seluruh instansi yang ada di Jakarta khususnya dan daerah lain harus segera membuka akses agar ada kejelasan tentang nasib teman-teman mahasiswa,” kata dia.

Dia berharap kepada aparat kepolsian dan rumah sakit untuk terbuka membeberkan nama-nama yang ditahan maupun menjalani perawatan. Sehingga, tidak menimbulkan kesimpangsiuran informasi yang beredar di masyarakat.

“Teman-teman mahasiswa yang menyuarakan suara rakyat, menyuarakan demi tegaknya konstitusi,” ucapnya.

Sumber: Okezone

Shares: