Wisatawan Muslim Australia Bilang Warga Aceh Ramah

POPULARITAS.COM – Wisatawan asal Australia yang tergabung dalam kapal pesiar syariah (Islamic Cruise) MV Costa Victoria mengagumi Aceh yang sudah damai. Selain itu,  mereka juga menilai rakyat Aceh ramah saat menerima tamu.

Hal itu disampaikan wisatawan asal Australia, Fatahina saat berkunjung ke Masjid Raya Baiturrahman (MRB), Banda Aceh, Senin (27/11/2017). Dia datang bersama keluarga ikut mejajal sejumlah objek wisata tsunami di Banda Aceh sebelum ke MRB, Banda Aceh.

“Orangnya ramah-ramah, Aceh damai tidak seperti yang dibayangkan sebelumnya,” kata Fatahina saat sedang berkunjung ke MRB, Banda Aceh.

Fatahina bersama wisatawan lainnya tiba di masjid sekitar pukul 12.00 WIB, menggunakan 28 bus. Mereka berasal dari Malaysia, Singapura, Australia, Brunie Darussalam, dan beberapa negara lainnya. Setiba di masjid mereka turut melaksanakan salat zuhur. Setelah itu para wisatawan melanjutkan kunjungan wisata ke beberapa situs sejarah di Banda Aceh, seperti Museum Tsunami dan PLTD Apung. 

Direktur, Pengembangan Usaha dan Investasi BPKS Sabang, Fauzi Umar mengatakan, secara keseluruhan para wisatawan kapal pesiar Syariah (Islamic Cruise) MV Costa Victoria berjumlah 1.988 orang, mereka berasal dari Brazil, Bulgaria, China, Indonesia, Columbia, Inggris, India, Italy, Malaysia, Peru, Filipina, Romania, Vietnam, Hungray, Korea, Croatia, Austria, Myanmar, Ghana, Ukraine dan Prancis. 

“Semua wisatawan tersebut merupakan orang muslim, Namun yang melakukan kunjungan ke Banda Aceh berjumlah 980 orang 70 persen diantaranya dari Malaysia, selebihnya berada di Sabang sekitar 1200 orang terdiri dari cru dan beberapa pihak awak kapal,” kata Fauzi. 

Fauzi menjelaskan, kedatangan para wisatawan itu dalam rangka program dakwah sekaligus syiar yang akan disampaikan Syeh Yusuf, Dai dari Amerika. Ia akan memberikan dakwah di Masjid Raya Bairurrahman.

Katanya usai berkunjung ke Banda Aceh para wisatawan tersebut langsung kembali ke Sabang pada pukul 16.00 Wib, dan selanjutnya akan kembali ke Singapura pada pukul 22.00 malam nanti. 

“Setelah ini mereka akan kembali ke singapura pada jam 10 malam nanti dari pelabuhan Sabang menuju Singapura,” tuturnya.  

Sebelumnya diberitakan, para wisatawa Kapal Pesiar Syariah (Islamic Cruise) MV Costa Victoria, tiba di Sabang sekitar pukul 06.00 pagi waktu setempat, kedatangan mereka disambut dengan tarian khas Aceh. Dari Pelabuhan Balohan Sabang, para wisatawan menuju Pelabuhan Ulee Lheu, Banda Aceh menggunakan tiga kapal cepat KMC Express Bahari, milik PT Sakti Inti Makmur. [acl]

PENULIS : ZUHRI NOVIANDI

-ads-

-ads-

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.