KesehatanNews

WHO Soroti Capaian Vaksinasi Lansia di Aceh Lambat

Keuchik di Aceh Utara yang belum vaksin tidak di bayar gaji
Lansia divaksin covid-19. (Foto: Alodokter.com)

POPULARITAS.COM – Badan Kesehatan Dunia (WHO) mengungkapkan warga lanjut usia (lansia) yang belum menerima vaksin Virus Corona (Covid-19) di Sumatera Barat (Sumbar) dan Aceh masih ada di atas angka 90 persen.

“Dua provinsi melaporkan proporsi populasi lanjut usia yang tidak divaksinasi lebih besar atau sama dengan 90 persen, yaitu Aceh dan Sumatera Barat,” tulis laporan situasi Covid-19 mingguan WHO per 15 September 2021.

Data vaksinasi terkini milik Kementerian Kesehatan mencatat, vaksinasi lansia dosis pertama di Sumbar baru mencapai 7,22 persen dari target 35.346 lansia yang divaksin. Sementara untuk Aceh, baru mencapai 7,36 persen dari target vaksinasi lansia sebanyak 24.972 orang di Aceh.

Artinya, masih ada 92,78 persen lansia di Sumbar dan 92,64 persen lansia di Aceh yang sama sekali belum mendapat suntikan vaksin covid-19. Padahal program vaksinasi nasional dengan sasaran kategori lansia sudah berjalan sejak Februari akhir lalu.

Menurut Laporan WHO per 1 September, 93,7 persen sasaran lansia di Aceh belum menerima vaksin Covid-19. Senada, masih ada 93,5 persen lansia di Sumatera Barat yang tak mendapatkan suntikan imunisasi Corona.

Sementara itu, per data 13 September, WHO juga mengapresiasi empat provinsi yang mengalami peningkatan pada capaian jumlah vaksinasi pada lansia. Mereka yakni Nusa Tenggara Barat yang capaian vaksinasi pada lansia naik 55,4 persen dibandingkan pekan sebelumnya.

Kemudian Kepulauan Bangka Belitung naik 49,2 persen, Maluku naik 34,1 persen, dan Kalimantan Timur yang capaian vaksinasi pada lansia naik 32,5 persen dalam sepekan terakhir.

“Per 13 September, terdapat provinsi yang menunjukkan peningkatan tinggi dalam tren mingguan dosis yang diberikan di antara populasi lansia,” kata WHO.

Lebih lanjut, WHO juga menyoroti tiga provinsi yang capaian vaksinasi terhadap lansianya tinggi dengan posisi pertama ada di DKI Jakarta. Sebanyak 89,89 persen lansia di Ibu Kota telah menerima setidaknya vaksin dosis satu dari sasaran target 684.309 lansia di DKI.

Sumber: CNN

Shares: