HeadlineNews

Waspadai Virus Corona Varian Delta di Aceh

Direktur FBI Amerika Serikat tuding virus Covid-19 berasal dari China
Peneliti mempublikasikan penampakan 3D bagian luar virus corona SARS-CoV-2 yang tampak berbintik dan aktif bergerak. (Solodovnikov A. & Arkhipova V. via Wikimedia Commons (CC BY 4.0))

POPULARITAS.COM – Dinas Kesehatan Aceh menyerukan kepada masyarakat untuk mewaspadai varian delta yang menjadi varian baru Covid-19. Berdasarkan data Balitbang Kemenkes, tercatat ada 18 varian delta tersebar di Aceh.

Hal itu disampaikan Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Aceh, Iman Murahman dalam diskusi virtual AJI Kota Banda Aceh bekerja sama dengan UNICEF, Senin (23/8/2021).

“Data dari Balitbangkes pusat, memang peta varian Delta tersebar sampai ke Aceh, pada saat itu Aceh disampaikan sudah ada 18 kasus,” kata Iman.

Baca: Sebaran Virus Corona Varian Delta di Aceh Meningkat

Namun sejauh ini, lanjut Iman, 18 kasus tersebut tak diketahui di kabupaten/kota mana saja. Hal ini karena Balitbang Kemenkes belum memberikan data kepada Pemerintah Aceh.

“18 kasus varian baru itu kita tak tahu di mana saja, rinciannya sampai sekarang Balitbangkes Aceh belum sampaikan ke saya,” ungkap Iman.

Oleh karena itu, Iman meminta masyarakat untuk selalu mengedepankan protokol kesehatan ketika berada di luar rumah, seperti memakai masker dengan cara yang benar dan mencuci tangan setelah bersentuhan.

“Memang seperti kita ketahui gelaja varian Delta banyak dialami warga Banda Aceh, namun kita tidak ada rinciannya berapa,” jelas Iman.

Ia juga mengimbau masyarakat Aceh untuk melakukan vaksinasi supaya adanya kekebalan tubuh, sehingga tidak mudah terpapar virus varian baru itu.

“Kita juga sedang gencar-gencar melakukan vaksinasi, terutama di Banda Aceh ada vaksinasi massal di Banda Aceh Convention Hall,” ucap Iman.

Editor: dani

Shares: