News

Warga tak Pakai Masker Dilarang Masuk Mall di Banda Aceh

(ist)

BANDA ACEH (popularitas.com) – Seluruh mall atau pusat perbelanjaan di Kota Banda Aceh mewajibkan para pengunjung untuk menggunakan masker saat berbelanja. Apabila tidak, maka tidak dibenarkan masuk.

Dirlantas Polda Aceh, Kombes Pol Dicky Sondani mengatakan, aturan tersebut sudah disampaikan kepada sejumlah pemilik usaha mall dan pusat perbelanjaan di Kota Banda Aceh. Seperti yang dilakukan di Hermes Mall pada Jumat, 29 Mei 2020.

“Polwan Satlantas Polresta Banda Aceh sudah mengecek pelaksanaan protokol kesehatan di salah satu mall di Banda Aceh, di sana petugas menghimbau masyarakat untuk gunakan masker,” kata Dicky dalam keterangannya, Jumat, 29 Mei 2020 malam.

Ia menjelaskan, apabila ada masyarakat ke mall tidak menggunakan masker, maka mereka wajib keluar dari mall dan kembali ke rumah untuk mengambil masker.

“Yang tidak menggunakan masker, tidak boleh masuk ke mall. Ketentuan protokol kesehatan wajib ditaati oleh seluruh masyarakat, supaya Aceh bebas dari Covid-19,” jelas Dicky.

Selain di mall, kata Dicky, pihak kepolisian juga sedang gencar-gencar melakukan sosialisasi serupa kepada masyarakat yang berada di tempat-tempat keramaian di Kota Banda Aceh.

“Petugas mengimbau masyarakat yang keluar rumah agar selalu jaga jarak sosial, cuci tangan, memakai masker dalam rangka pencegahan penyebaran virus Corona (Covid-19) di Kota Banda Aceh,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Dicky juga menuturkan, penyebaran Covid-19 di Tanah Rencong bisa dikendalikan berkat kerjasama semua pihak baik dari pemerintah Aceh, Polda Aceh, Kodam IM dan parisipasi dari seluruh masyarakat.

“Salah satu kegiatan Polda Aceh adalah menerapkan larangan bagi masyarakat luar yg akan masuk Aceh. Mengapa ini dilakukan, untuk menekan penyebaran Covid-19 di masyarakat,” kata dia.

“Karena semua korban Covid-19 yang terdata di Posko Covid 19 Aceh, mereka tertular saat berada di luar Aceh. Ada dari Jatim, ada yang dari Sumut, dan lain-lain,” pungkasnya. []

Reporter Muhammad Fadhil

Shares: