Warga Diminta Pantau Tonase Angkutan Proyek Pembangunan Jalan Peureulak-Lokop-Gayo Lues

BANDA ACEH (popularitas.com) – Ketua Panitia Khusus (Pansus) IV, Iskandar Usman Al Farlaky, berharap pemerintah dapat menuntaskan ruas jalan provinsi yang menghubungkan kawasan Peureulak-Lokop-Gayo Lues. Pengerjaan jalan tersebut diharapkan dapat tuntas dalam tiga tahun terakhir secara bertahap.

Pernyataan ini disampaikan Iskandar Usman usai memantau pengerjaan badan jalan tersebut, di sela-sela kunjungan Tim Pansus Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA), Selasa, 9 Juli 2019. Dalam pemantauan tersebut, diketahui proyek pembangunan jalan bersumber dana dari Otonomi Khusus Anggaran Pendapatan Belanja Aceh (APBA) itu dikerjakan dengan 3 segmen.

Segmen pertama, menurut Iskandar, pembangunan jalan dilakukan dari Buket Takteh-Bhoem-Tampak hingga Berandang. Sementara segmen kedua dimulai dari Lapangan Heli. Untuk segmen ketiga pengerjaan jalan dilakukan dari kawasan Pinding perbatasan Gayo Lues.

Berdasarkan penelusuran wartawan diketahui pembangunan jalan Peurelak-Lokop-Gayo Lues masuk dalam APBA 2019 dengan nilai pagu paket Rp 25.000.000.000,00,-.

Sementara pihak kontraktor yang berhasil memenangkan tender dalam proyek ini sesuai LPSE adalah PT Koeta Radja, dengan hasil koreksi tender senilai Rp 22.477.738.777,43,-

“Ruas ini nantinya akan terlihat lebar dan mudah dilintasi,” kata Iskandar.

Dia berharap rekanan yang melakukan pekerjaan di lokasi tetap mempertahankan kualitas sehingga proyek yang dikerjakan di wilayah pedalaman Aceh tersebut tidak sia-sia. Di sisi lain, Iskandar mengakui masih terlihat beberapa ruas jalan yang rusak. Pun begitu, Iskandar meminta PUPR sebagai otoritas terkait berupaya untuk melakukan pengaspalan secara bertahap di ruas yang rusak tersebut.

Lebih lanjut, Iskandar turut mengimbau warga untuk memperhatikan tonase angkutan dalam pelaksanaan proyek tersebut. Para kontraktor juga diminta bekerja dengan sungguh-sungguh dan menghasilkan kualitas jalan yang bagus.

“Kami selaku perwakilan masyarakat disana akan terus turun untuk mengawasi pembangunannya. Semoga ruas jalan ini menjadi andalan warga untuk peningkatan ekonomi masyarakat di kawasan pedalaman,” pungkas Iskandar.*

Iklan Konata 3

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat