News

Warga Banda Aceh Diminta Tetap di Rumah Selama Pandemi Corona

Aminullah Jadikan UMKM Tulang Punggung Perekonomian Banda Aceh
Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman

BANDA ACEH (popularitas.com) – Pemerintah Kota Banda Aceh meminta kepada seluruh warga agar menetap di rumah selama pandemi corona belum selesai, untuk memutuskan mata rantai penyebarannya.

Imbauan ini ditandatangani semua unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Banda Aceh. Mereka itu adalah Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman bersama Ketua DPRK, Kapolresta, Dandim 0101/BS, Kajari, Ketua Pengadilan Negeri, Ketua Mahkamah Syariah, dan Ketua MPU pada Senin (6/4/2020).

Adapun butir seruan Forkopimda adalah sebagai berikut: Pertama, Forkopimda Banda Aceh menyerukan masyarakat agar sebisa mungkin untuk tetap beraktivitas di dalam rumah (social distancing) selama masa pandemi Corona. Jika pun harus keluar, senantiasa menjaga jarak (physical distancing) dan mengenakan masker.

“Jaga jarak minimal 1,5 meter, selalu gunakan masker -boleh masker kain- terutama saat berada di ruang publik. Kedua, selalu mencuci tangan dengan sabun minimal 20 detik sesuai standar WHO, sebelum dan sesudah beraktivitas,” kata Wali Kota Aminullah, Selasa (7/4/2020) di pendopo.

Ketiga, masyarakat juga diminta untuk membatasi kegiatan sosial budaya dan kegiatan keramaian lainnya di tempat/fasilitas umum. “Meski begitu, layanan-layanan penting untuk masyarakat seperti pasar, toko, SPBU, layanan medis, dan keuangan dapat tetap berjalan dengan memperhatikan physical distancing,” ujarnya.

Keempat, khusus untuk warung kopi, kafe, warung nasi, restoran, dan usaha lainnya diizinkan beroperasi mulai pukul 5.30 hingga 23.00 WIB. “Dan kepada masyarakat diimbau untuk melakukan gerakan ‘beli dan bawa pulang’ (take away) dengan tetap memperhatikan physical distancing,” ujarnya lagi.

Atas nama Forkopimda Banda Aceh, Aminullah sangat berharap supaya seruan bersama ini dapat diindahkan oleh masyarakat guna mengantisipasi penyebaran Covid-19. “Semua ini demi keselamatan kita bersama. Mari kita berusaha dan berdoa agar pandemi Corona dapat segera berlalu,” tutupnya.[acl]

Shares: