iklan central media
Iklan Idhul Adha BPSDM

Warga Aceh Padati Tempat Wisata di Hari Libur Idul Fitri

BANDA ACEH (popularitas.com) – Sejumlah warga memanfaatkan hari libur Lebaran Idul Fitri 1440 Hijriah dengan mengunjungi lokasi-lokasi wisata di Banda Aceh. Tak hanya warga lokal, wisatawan dari luar daerah dan sejumlah warga negara asing juga terlihat ramai memadati tempat wisata tersebut, Minggu, 9 Juni 2019.

Pantauan popularitas.com, beberapa lokasi wisata yang terlihat ramai dikunjungi tersebut seperti Museum Tsunami Banda Aceh, Lapangan Blang Padang Banda Aceh, situs tsunami Kapal PLTD Apung hingga Masjid Raya Baiturrahman.

“Iya, hari ini masih ramai, tetapi tak seramai kemarin. Banyak wisatawan yang datang sebentar lalu pulang karena buru-buru kembali ke tempat asal,” kata Dedi Satria, salah seorang petugas parkir di situs PLTD Apung kepada popularitas.com.

Suasana Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh Minggu sore | Boy Nashruddin Agus

Dia mengatakan wisatawan yang datang ke PLTD Apung tak hanya warga lokal. “Ada juga dari Medan yang datang ke Aceh sambilan silaturahmi lebaran, juga singgah kemari,” katanya.

Wisatawan yang berkunjung ke PLTD Apung juga diketahui datang dari Jakarta. Tarmizi misalnya. Dia mengaku datang dari Bogor sambil silaturahmi dengan kerabat di Banda Aceh juga ikut menyambangi PLTD Apung.

Warga di pintu masuk situs tsunami PLTD Apung, di Punge Blang Cut Banda Aceh, Minggu sore | Istimewa

“Rencana sore juga mau ke Masjid Raya Baiturrahman. Tak patut rasanya sudah ke Banda Aceh nggak singgah di Masjid Raya,” kata Tarmizi, Sabtu, 8 Juni 2019.

Dia bahkan menjadwalkan kunjungan ke Sabang selama libur Idul Fitri ini bersama keluarganya. Namun karena kondisi cuaca tak bersahabat selama beberapa hari terakhir, Tarmizi terpaksa kembali ke Jakarta via Bandara Sultan Iskandar Muda pada Minggu pagi.

Penumpang kapal cepat menuju Sabang terlihat antri di Pelabuhan Ulee Lheue Banda Aceh | Istimewa

Tak hanya Banda Aceh, kawasan wisata Bahari kepulauan Sabang juga dipadati wisatawan selama libur lebaran tahun ini. Hal tersebut diakui Abul, salah satu pegawai negeri di bagian Humas Pemerintah Kota Sabang.

Museum Tsunami Banda Aceh | Boy Nashruddin

Dia menyebut kendati cuaca sedikit tak bersahabat, tetapi tidak membatasi jumlah pengunjung ke Sabang. Bahkan untuk mengantisipasi jumlah pengunjung, pihak ASDP ikut menambah trip pelayaran kapal cepat dan kapal lambat ke Sabang.

“Alhamdulillah aman, Sabang membludak. Kapal cepat dan lambat tambah trip ke Sabang. Kalau kemarin 4 kali, hari ini jadi lima kali. Hotel dan mobil rental juga full,” ujar Abul.(BNA)

Iklan Idhul Adha RSUZA
Anda mungkin juga berminat
Iklan Idhul Adha DISPORA