News

Warga Aceh Besar Salat Minta Hujan

Warga Aceh Besar menggelar salat Istisqa di sejumlah titik pada Kamis, 23 Januari 2020. (Muhammad Fadhil/popularitas.com)

BANDA ACEH (popularitas.com) – Ribuan warga di sejumlah desa di Kabupaten Aceh Besar melaksanakan salat Istisqa (salat minta hujan), Kamis, 23 Januari 2020. Kegiatan ini dipusatkan di lapangan sepakbola dan sejumlah tempat terbuka lainnya.

Salah satu lokasi pelaksanaan salat Istisqa adalah di Lapangan Sepakbola Lonkali Desa Siron, Kecamatan Ingin Jaya, Kabupaten Aceh Besar. Kegiatan yang juga dihadiri Bupati Aceh Besar, Mawardi Ali ini dimulai pukul 09.00 WIB hingga selesai.

“Kita melaksanakan salat Istisqa minta hujan pada Allah, mudah-mudahan dengan doa ulama kita, rakyat kita masyarakat Aceh Besar turun semua untuk salat, semoga diberkati hujan,” kata Mawardi kepada wartawan.

Ia menjelaskan, salat Istisqa merupakan salah satu upaya Pemkab Aceh Besar bersama masyarakat dalam menanggulangi kekeringan di wilayah tersebut. Selain salat, pihaknya juga telah melakukan upaya-upaya lainnya seperti membersihkan saluran irigasi.

Selain itu, katanya, Pemkab Aceh Besar juga akan terus berusaha agar petani padi di kabupaten tersebut tidak gagal panen tahun ini. Pihaknya bakal mengupayakan pembagian air melalui irigasi secara rapi atau merata dan tepat waktu.

“Terus kita upayakan supaya tidak gagal panen, dengan upaya tadi irigasi terus kita konsentrasi pembagian air yang rapi, tepat waktu, kalau nggak cukup, mudah-mudahan bisa turun hujan dalam beberapa hari ini,” ujar Mawardi

Mawardi menyebutkan, akibat kemarau panjang, selain menyebabkan kekeringan juga membuat sejumlah waduk di Aceh Besar kekurangan debit airnya.

“Kemarin ada kerusakan irigasi kita bersihkan, irigasinya sudah bersih. Karena debitnya kurang, airnya kurang, sumbernya kurang, membuat waduk-waduk kita levelnya turun,” jelas Mawardi.* (C-008)

Shares: