News

Wamen Agraria Serahkan Sertifikat Lahan ke 755 Eks Kombatan

POPULARITAS.COM – Kementerian Agraria dan Tata Ruang RI, menyerahkan sertifikat lahan seluas 1.500 hektare untuk 755 eks kombatan Gerakan Aceh Merdeka (GAM) di Aceh.

Sertifikan lahan berbentuk kolektif perkecamatan untuk eks GAM itu diserahkan langsung oleh Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang, Surya Tjandra, di pendopo Bupati Pidie Jaya, Selasa (9/1/2021).

Sertifikat lahan seluas 1.500 hektare itu dikeluarkan dalam bentuk kepemilikan bersama, untuk enam kecamatan di Kabupaten Pidie Jaya, setiap wilayah dikeluarkan satu sertifikat. Yaitu, Kecamatan Bandar Baru, Kecamatan Trienggadeng, Kecamatan Ulim, Meurah Dua, Kecamatan Meureudu dan Bandar Dua.

Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang RI Surya Tjandra menyebutkan, penyerahan sertifikan lahan untuk eks GAM tersebut merupakan yang kedua kalinya terhitung 2019-2021.

Kata dia, penyerahan sertifikat lahan untuk eks kombatan GAM tersebut merupakan upaya dari Pemerintah menuntaskan perjanjian damai.

“Ini merupakan yang kedua kalinya. Kita memang harus maju satu langkah satu langkah ke depan. Beresin, tuntaskan perdamaian Aceh ini menjadi peluang untuk pembangunan yang lebih lengkap,” kata Wamen, Surya Tjandra.

Dijelaskan, suksesnya penyerahan sertifikat untuk eks GAM melalui hak milik bersama itu tidak terlepas dari dukungan Bupati Pidie Jaya, Aiyub Abbas yang sangat berperan aktif dalam memfasilitasi penyerahan lahan untuk mantan kombatan itu.

“Tanpa dukungan dari kabupaten, rasanya tidak akan bisa kita laksanakan,” ungkapnya.

Sementara itu, Bupati Pidie Jaya, Aiyub Abbas menyebutkan, lahan seluas 1.500 hektar tersebut, tidak hanya untuk eks GAM setempat.

“Lahan ini untuk mantan kombatan GAM, bukan hanya mantan kombatan di Pidie Jaya,” jelas pria yang akrab disapa Abuwa.

Editor: dani

Shares: