News

Walikota Sabang dukung kegiatan SLCN

Badan Meteorologi Klimatogi dan Geofisika (BMKG) Kota Sabang menyelenggarakan Kegiatan Sekolah Lapang Cuaca Nelayan (SLCN) Sabang Tahun 2021, yang dibuka langsung oleh Anggota Komisi V DPR RI, H. Irmawan S. Sos, MM, bertempat di Aula Lantai IV Kantor Walikota Sabang, Kamis (21/10/2021).
Walikota Sabang dukung kegiatan SLCN

POPULARITAS.COM – Badan Meteorologi Klimatogi dan Geofisika (BMKG) Kota Sabang menyelenggarakan Kegiatan Sekolah Lapang Cuaca Nelayan (SLCN) Sabang Tahun 2021, yang dibuka langsung oleh Anggota Komisi V DPR RI, H. Irmawan S. Sos, MM, bertempat di Aula Lantai IV Kantor Walikota Sabang, Kamis (21/10/2021).

Wali Kota Sabang, Nazaruddin S.I.Kom dalam sambutannya mengatakan Pemerintah Kota Sabang mendukung penuh dan turut berterimakasih kepada Badan Meteorologi Klimatogi dan Geofisika (BMKG) Kota Sabang atas terselenggaranya kegiatan ini.

“Saya rasa kegiatan ini sangat penting, karena akan mengedukasi para nelayan kita di Sabang, sehingga dengan ilmu yang didapat ini nanti para nelayan bisa memanfaatkan informasi cuaca untuk meningkatkan hasil tangkapan ikannya dengan maksimal yang tentunya dengan cara yang aman dan efisien” kata Wali Kota Sabang, Nazaruddin S.I.Kom yang akrab disapa Tgk Agam.

Tgk Agam meminta para nelayan dapat mengikuti kegiatan SLCN ini dengan baik dan serius agar dapat menambah wawasan terkait cuaca, sehingga dapat mengurangi resiko kecelakaan bagi para nelayan ketika melaut sekaligus dapat meningkatkan pendapatan di sektor perikanan.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Pusat Meteorologi Publik BMKG Dr. A. Fachri Radjab S.Si., MSi menuturkan ini adalah salah satu program atau bentuk perubahan paradigma pelayanan BMKG yang telah dilakukan dalam beberapa tahun terakhir, untuk bisa memastikan bahwa layanan BMKG langsung diterima dan dipahami oleh masyarakat. 

“Kami sangat memahami secanggih apapun alat-alat BMKG, selengkap apapun informasinya, seakurat apapun prakiraan cuacanya, kalau masyarakat tidak memahami dan tidak memanfaatkannya dengan baik, maka itu tidak memiliki arti. Oleh karenanya, Kami BMKG terus berkomitmen untuk bisa memastikan informasi yang kami sampikan dapat diterima dan dipahami oleh masyarakat,” ujarnya.

Menurutnya, ini salah satu upaya BMKG dengan bertemu langsung para stakeholder termasuk nelayan yang sudah berlangsung sejak tahun 2016. Tidak hanya itu, BMKG juga memberikan produk atau layanan-layanan khusus yang sifatnya siap pakai untuk para nelayan dan aktivitas kemaritiman.

Sementara itu, Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kota Sabang, Teguh Suprapto ST sebagai ketua panitia menjelaskan kegiatan SLCN ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan para peserta dalam mengakses, membaca, menindaklanjuti dan menyelesaikan informasi cuaca dan iklim maritim serta informasi lokasi ikan atau peta bentangan daerah penangkapan ikan dari sumber terpercaya yang memiliki kewenangan untuk mengeluarkan informasi tersebut kepada peserta.

“Dengan mengangkat tema “Mewujudkan Nelayan dengan Hasil Tangkapan Meningkat dan Aman Berbasis Info Cuaca”, kegiatan yang diselenggarakan selama 2 hari dari 21 sampai 22 Oktober ini diikuti oleh 100 peserta yang terdiri dari 83 nelayan, 11 panglima laot, 2 komunitas pemancing dan 4 petugas penyuluh,” tambahnya.

Shares: