News

Wali Nanggroe Dukung Suhendra Hadikuntono jadi Kepala BIN

Wali Nanggroe Malik Mahmud Al Haytar | Repro

JAKARTA (popularitas.com) – Wali Nanggroe Tengku Malik Mahmud Al-Haythar mengatakan dukungannya kepada Suhendra Hadikuntono untuk menjadi kepala BIN. Bentuk dukungan ini merupakan marwah dan kehormatan rakyat Aceh.

Ia juga meminta Presiden Jokowi untuk mempertimbangkan dengan seksama harapan dan dukungannya terhadap Suhendra agar menjadi kepala BIN.

“Bagi Aceh, sosok Suhendra penting untuk merawat perdamaian di Aceh dalam bingkai NKRI,” kata Malik dalam keterangan tertulis, Kamis, 7 November 2019.

Sementara itu, Juru bicara Komunitas Jokowi Amin Kuat (KAJAK) Khaidir menyebut, dukungan dari Wali Nanggroe sama halnya dukungan masyarakat Aceh secara menyeluruh.

“Jangan kecewakan rakyat Aceh, dukungan Wali Nanggroe ini merupakan marwah masyarakat Aceh,” ucap Khaidir.

Khaidir juga menyebut bahwa sosok Suhendra selama ini sudah berkontribusi banyak dalam menjaga perdamaian di Aceh.

“Banyak tokoh nasional tidak memahami proses damai RI dan GAM di Aceh. Tapi sosok Suhendra sangat memahami psikologis rakyat Aceh, sehingga beliau tahu pasti bagaimana memperlakukan rakyat Aceh dengan penuh kehormatan,” kata Khaidir.

Untuk itu, menurut Khaidir, dalam kabinet Indonesia Maju, Presiden Jokowi dan Wapres Ma’ruf Amin harus bisa menempatkan sosok-sosok yang memiliki kemampuan dan kecakapan sosial yang tinggi serta memiliki jiwa nasionalisme seperti yang ditunjukkan oleh Suhendra Hadikuntono dalam menangani masalah Aceh.

Dalam menyelesaikan kasus pemanggilan Muzakir Manaf, kata Khaidir, oleh Komnas HAM yang sempat membuat situasi Aceh menjadi tegang, telah diselesaikan oleh Suhendra dengan elegan dan mampu seketika meredam gejolak di Aceh.

“Sehingga sangat layak kiranya Wali Nanggroe Aceh Darussalam secara langsung telah memberikan apresiasi tinggi atas gerakan senyap yang dilakukan oleh Suhendra,” ujarnya.

Khaidir juga mengatakan, dengan kiprah, kapabilitas, dan rekam jejak intelijen serta koneksi berbagai pihak yang baik, tidak berlebih-lebihan kiranya Wali Nanggroe Aceh Darussalam beserta masyarakat Aceh menghimbau kepada Presiden Jokowi agar menempatkan Suhendra sebagai kepala BIN.

“Penempatan Suhendra di institusi lembaga intelijen tersebut adalah cara cerdas pemerintah dalam merekatkan Sabuk Nusantara dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia,” pungkasnya.*

Sumber: Detik.com

Shares: