HeadlineNews

Wali Kota: Yang Tidak Gunakan Masker Dilarang Masuk ke Banda Aceh

Pria Dominan Positif Covid-19, Ini Alasannya
Benarkah Daya Tahan Tubuh Wanita Lebih Baik Dibanding Pria? klikdokter

BANDA ACEH (popularitas.com) – Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman telah meminta kepada Satpol PP dibantu TNI/Polri agar memperketat pengawasan yang tidak menggunakan masker di Banda Aceh. Baik di jalan raya maupun di tempat-tempat keramaian, seperti warung kopi, pusat perbelanjaan.

Bagi yang tidak menggunakan masker, Amin meminta kepada petugas agar mengarahkan warga terseb. Hal ini dilakukan sebagai upaya pencegahan penyebaran virus corona. Meskipun kasus positif Covid-19 di kota Banda Aceh memang masih sedikit, namun kita tetap harus waspada.

Aminullah menyebutkan, Pemko saat ini tengah mengerahkan seluruh upaya dalam memutuskan mata rantai virus mematikan ini. Selain razia masker, Pemko juga telah melakukan sosialisasi, penegakan hingga penertiban di kedai-kedai kopi yang notabenenya ramai dikunjungi.

“Kita juga akan memastikan dalam setiap razia masker para pengendara sepeda motor dan pengemudi mobil yang tidak mengenakan masker kita arahkan untuk putar balik dan dilarang memasuki kawasan Kota Banda Aceh,” tegas wali kota.

Aturan wajib mengenakan masker ke wilayah Banda Aceh tersebut akan berlangsung selama sebulan dan apabila masyarakat tetap tidak mematuhi aturan, maka tidak menutup kemungkinan jangka waktunya akan diperpanjang.

“Kita berharap pelaksanaan dari Perwal ini tidak harus dipaksakan. Akan tetapi ini menjadi kewajiban masyarakat sendiri agar mengenakan masker jika keluar rumah untuk memutus rantai penyebaran Covid-19,” kata Aminullah.

Ia juga meminta kepada para petugas untuk memberikan edukasi kepada masyarakat yang terjaring razia nantinya.

“Bencana tidak dapat ditangani oleh seseorang atau sekelompok orang saja, tapi tugas berat ini hendaknya menjadi tanggung jawab kita semua, baik pemerintah dan masyarakat,” tukasnya.

Ia meminta semua untuk mengikuti protokol kesehatan seperti mengenakan masker jika keluar rumah, menjaga jarak dan juga rajin mencuci tangan. “Jika ini dilakukan, Insyaallah penyebaran Covid-19 di Banda Aceh dapat diminimalisir sejak dini,” ujar Aminullah.

Menurut Aminullah, tingkat kesadaran warga Banda Aceh terhadap bahaya virus ini sudah meningkatkan. Terutama kesadaran warga menggunakan masker mulai menunjukkan lebih baik.

“Hari ini kita melihat kesadaran warga kota memakai masker sudah meningkat, sebagian mungkin ada yang belum punya tapi kita sudah membagikan,” jelasnya.

Katanya, siapa saja yang masuk ke Kota Banda Aceh harus memakai masker. Jika ada yang tidak pakai sementara masih ada toleransi. Petugas akan berikan masker. “Kedepannya jika tidak pakai juga masih maka akan kita minta putar balik,” ungkapnya.[acl]

Shares: