EkonomiNews

Wacana KEK Halal Barsela Dalam Proses Persiapan Lahan

Kemenkop dan UKM Terima Dokumen Perencanaan KEK Barsela. (antara)

POPULARITAS.COM – Ketua Ikatan Saudagar Muslim (ISMI) Aceh Nurcholis mengatakan bahwa terkait rencana pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) halal Barat Selatan (Barsela) Aceh masih dalam proses persiapan lahan.

“Tentunya kita sangat berharap terus menyelesaikan, clean and clear masalah lahan yang belum selesai, kita segera lengkap kan itu semua,” kata Nurcholis seperti dilansir laman Antara, Senin (9/8/2021).

Nurcholis menyampaikan, ISMI Aceh selaku fasilitator KEK Halal Barsela Aceh di Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) ini akan terus membantu pemerintah setempat untuk mewujudkan pusat ekonomi baru tersebut.

Sejauh ini, kata Nurcholis, Pemerintah Abdya baru menyiapkan lahan sekitar 50 hektar untuk rencana pengembangan KEK Halal Barsela tersebut. Selebihnya masih dalam proses.

“Hanya untuk pelabuhan sekitar 50 hektar yang baru tersedia, yang lain masih dalam proses. Ada beberapa hal yang lagi dipersiapkan oleh pemerintah kabupaten,” ujarnya.

Selain itu, lanjut Nurcholis, untuk kajian ilmiah KEK Halal Barsela juga telah disiapkan. Namun, tidak cukup dengan itu, dalam proses ini memerlukan seorang pengusaha utama yang dapat mengawalnya.

“Artinya, harus hadir pengusaha utama dengan keunggulan kompetitif pada sektor agro, dan ini yang harus kita dipersiapkan,” katanya.

Nurcholis menyampaikan, ISMI masih terus mengawal proses tersebut sampai nantinya memenuhi kelengkapan untuk disampaikan kepada pengambil kebijakan di pusat.

Apalagi, wacana ini secara resmi juga belum dilakukan pengajuan, melainkan baru menggaungkan potensi ekonomi pada KEK Halal Barsela tersebut.

“Keterlibatan pemerintah provinsi dan kabupaten/kota di wilayah Barsela hingga Tengah Tenggara ini sangat dibutuhkan untuk melahirkan pusat ekonomi baru di Aceh ini,” demikian Nurcholis.

Untuk diketahui, Bupati Abdya Akmal Ibrahim telah menandatangani MoU kerjasama kesepakatan KEK Halal Barsela Aceh ini dengan Ketua ISMI Pusat Ilham Habibie pada akhir 2019 lalu.

Kemudian, Pemerintah Abdya juga sudah melakukan MoU kerjasama antara Perum Perindo dengan konsorsium KEK Halal Barsela Aceh tersebut, dan sejak saat itu proses tahapan kelengkapan administrasinya masih terus dilakukan hingga hari ini.

Shares: