Wabup Pidie buka Rakerda Dekranasda se-Aceh

SIGLI (popularitas.com) : Keberadaan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) se Aceh, diyakini akan dapat melahirkan serta memajukan berbagai macam kerajinan tangan yang berkualitas tinggi, yang akan berdampak langsung pada pembangunan daerah berbasi ekonimi kreatif.

Hal itu disampaikan oleh Wakil Bupati Pidie, Fadhlullah TM Daud, saat membuka peresmian tanda dimulai Rapat kerja daerah (Rakerda) Dekranasda se Aceh, yang bertindak sebagai tuan rumah, berpusat di gedung Pidie Convention Center (PCC), 25 sampai dengan 27 November 2019.

“Kemajuan dalam meningkatkan berbagai ragam dan kualitas produk kerajinan dan makanan unggulan tidak terlepas dari peran Dekranasda,” kata Fadhlullah.

Dia sangat berharap, seluruh elemen yang tergabung dalam struktur kepengurusan Dekrasnasda seluruh Aceh, khusus Pidie bisa terus berinovasi guna bisa mencetak kader-kader pengrajin serta pelaku usaha yang handal demi melahirkan berbagai macam kerajinan unggulan.

“Dekranasda harus dapat mencetak perajin dan pelaku usaha yang memiliki kreatifitas tinggi sehingga nantinya dapat memberikan kontribusi dalam pembangunan daerah yang berbasis ekonomi kreatif,” jelasnya, Senin 25 November 2019.

Masih dia, dewasa ini, Dekrasnada Aceh sedang giat-giatnya berupaya menumbuh kembangkan industri daerah serta mengekstrak kecintaan masyarakat terhadap produk-produk kerajinan lokal.

Dalam tujuan tersebut, kerjasama antara Dekranasda dengan intansi yang membidangi harus selalu bersinergi, guna dapat merencanakan berbagai program kerja, sehingga akan berdampak langsung pada peningkatan usaha industri kerajinan.

“Kalau terus bersinergi, nantinya akan berdampak pada peningkatan usaha industri kerajinan yang handal dan dapat dibanggakan, baik di dalam maupun di luar daerah,” harap Wabup.

Sementara itu, Pelaksana tugas ketua Dekranasda Aceh, Dyah Erti Idawati, mendesak seluruh kepala pemerintahan se-Aceh supaya dapat menekankan seluruh elemen pemerintah agar selalu menggunakan produk kerajinan dan olahan lokal dalam setiap kegiatan sehari-hari.

“Seluruh elemen-elemen pemerintah harus mendukung kemajuan produk unggulan masing-masing daerah, sehingga kesejahteraan pengrajin ikut meningkat,” ungkap Dyah saat pembukaan Rapat Kerja Daerah Dekranasda se-Aceh di Pidie.

Amatan popularitas.com, selain melaksanakan Rekerda Dekranasda se Aceh, 23 kabupaten/kota juga ikut memamerkan berbagai macam produk unggulan kerajinan daerah masing-masing dalam pemeran, yang berlokasi di halaman bekas arena Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Aceh ke 34, di gedung Pidie Cinvention Center, Lampeudeu Baroh, Kecamatan Kota Sigli, setempat. (C-005)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.