News

VW Siap Produksi 6.000 Mobil Tiap Tahun di Indonesia

JAKARTA (popularitas.com) – PT Garuda Mataram Motor sebagai agen pemegang merek mobil Volkswagen di Indonesia membangun pabrik di Cikampek, Jawa Barat. Bekerja sama dengan anak perusahaan Indomobil Group lainnya, yaitu PT National Assemblers.

Pabrik tersebut nantinya akan memproduksi mobil-mobil VW yang dijual di Tanah Air. Sebagai langkah awal fasilitas pabrik tersebut digunakan untuk memproduksi Tiguan Allspace yang baru saja diluncurkan pada Juli 2019 lalu.

Presiden Direktur PT GMM, Andrew Nasuri mengatakan, membangun pabrik di dalam negeri memang bagian panjang strategi Volkswagen. Karena dengan begitu, harga mobil VW akan lebih terjangkau dan bisa bersaing di pasar.

“Sehingga lebih banyak orang dapat memiliki mobil merek Volkswagen. Karena dengan diproduksi di Indonesia harganya menjadi lebih kompetitif,” ujarnya, Jumat, 4 Oktober 2019.

Lebih lanjut dia menjelaskan, fasilitas produksi VW di Cikampek berdiri di atas lahan seluas 60 ribu meter persegi. Untuk model pertama yang diproduksi adalah Tiguan All Space, namun ke depan bakal ada model-model lainnya.

“Fasilitas produksi yang berdiri di tanah seluas 60.000 meter persegi diharapkan akan mampu memproduksi 6.000 unit Volkswagen setiap tahun, dengan fokus pertama Tiguan Allspace,” tuturnya.

Dia mengatakan, pabrik itu akan menghasilkan produk-produk Volkswagen selanjutnya. Yang diharapkan dapat mengingatkan konsumen dengan nama besar merek tersebut yang sudah terjun ke pasar Indonesia sejak 1962 silam.

Chief Operating Officer PT GMM, Jonas Chendana mengatakan, Tiguan Allspace itu statusnya medium knock down, dirakit dalam bentuk terurai. Di mana semua komponen mobil gagah tersebut didatangkan dari Meksiko.

Pertama kali PT GMM memproduksi mobil VW di Tanah Air pada 2009, yakni Touren dan Golf (A6) statusnya semi knocked down. Setelah itu, memasuki 2012 mereka kembali merakit lokal Tiguan, dan kemudian 2013 ada Golf (A7).

Sumber: KPJ100

Shares: