Viral kisah Rohana, anak TKW dirawat warga Malaysia sejak bayi

POPULARITAS.COM – Rohana Abdullah, anak tenaga kerja wanita (TKW) dirawat Chee Hoi Lan, warga Malaysia Tioghoa sejak bayi. Kisah haru Rohana yang ditinggalkan sang ibu sejak usia 2 bulan ini viral di media sosial.

Rohana ditinggalkan ibunya yang pulang ke Indonesia pada 22 tahun lalu. Dia ditinggalkan di Taman Kanak-Kanak (TK), yang merupakan tempat ibunya bekerja sebagai petugas kebersihan.

Chee Hoi Lan yang merupakan guru di sekolah tersebut merasa tersentuh dan merawat Rohana seperti anaknya sendiri. Chee yang bukan orang Muslim, menyekolahkan Rohana di Kelas Dasar Fardu Ain, sekolah dasar Islam agar mengenal agama Islam.

Chee yang menyayangi Rohana seperti anak sendiri menyekolahnya menggunakan uang pribadinya. Bahkan, Che selalu memberikan Rohana makanan halal.

“Saya sayangkan dia seperti anak sendiri. Sejak kecil, saya pastikan dia makan makanan halal dan melakukan ibadat sebagai seorang Muslim hingga hari ini,” kata Chee pada Selasa (18/1/2022).

Di sisi lain, Chee mengaku memiliki keinginan melihat Rohana menikah sebelum dirinya meninggal dunia. Dia juga telah mengurus kewarganegaraan Rohana ke Ketua Majelis Perwakilan Penduduk Zon Batu Gulam Muszaffar Ghulam Mustakim.

Rohana telah mengajukan kewarganegaraan Malaysia sejak 2016. Sementara itu, Perdana Menteri Malaysia Ismail Sabri telah menghubungi Rohana Abdullah untuk diberi status kewarganegaraan dan kartu identitas diri.

“Viral di media mengenai Rohana Abdullah dan ibu angkatnya, Chee Hoi Lan, yang berbeda bangsa dan agama tetapi hidup bersama dengan penuh kasih sayang dan kecintaan,” ujar Ismail di Instagram pribadinya.

“Insya Allah demi masa depan Rohana, saya akan bantu beliau mendapatkan identitas kewarganegaraan dan kartu pengenalan. Buat Chee Hoi Lan, terima kasih. Salam hormat juga dari saya karena menjaga Rohana, dengan penuh kasih sayang tanpa batas,” sambungnya.

Menurut Ismail, ayah Rohana yang berkewarganegaraan Malaysia belum diketahui keberadaannya sampai sekarang. Di sisi lain, Menteri Dalam Negeri Malaysia Hamzah Zainuddi melalui akun Facebook pribadinya mengaku tersentuh dengan kisah Rohana.

“Saya merasa tersentuh apabila diinformasikan terkait perkara ini pada Minggu lalu,” ucap Hamzah.

Sumber: Sindonews

Comments
Loading...