News

Video: Demo Mahasiswa Tolak Tambang Berakhir Rusuh

Demo mahasiswa menolak izin tambang PT EMM | Foto: Al Asmunda

BANDA ACEH (popularitas.com) – Aksi yang berlangsung di kantor Gubernur Aceh berakhir rusuh, Selasa, 9 April 2019 sore. Massa mahasiswa dari lintas universitas yang tergabung dalam Barisan Pemuda Aceh (BPA) terlibat bentrok dengan petugas di lokasi. Akibatnya, sejumlah fasilitas kantor Gubernur Aceh rusak seperti jendela kaca, pot bunga, pagar kompleks kantor Gubernur Aceh, hingga satu unit televisi yang ada di pos petugas keamanan ikut menjadi korban.

Tak hanya itu, kerusuhan akibat misskomunikasi ini juga menyebabkan beberapa demonstran dan petugas kepolisian terluka. Hingga berita ini diturunkan, kondisi di lapangan sudah terlihat steril. Beberapa petugas kebersihan di Setda Provinsi Aceh juga terlihat membersihkan sisa-sisa pecahan kaca dan pot bunga.

Aksi penolakan izin operasi PT Energi Mineral Murni (EMM) di Aceh telah beberapa kali dilakukan. Massa yang berasal dari lintas universitas dalam aksinya kerap meminta Plt Gubernur Aceh untuk bersikap tegas mencabut izin tambang di kawasan Nagan Raya dan Aceh Tengah tersebut. Namun, dari beberapa kali aksi yang dilakukan, massa tidak pernah berhasil menjumpai Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah.*

Video: Al Asmunda

Shares: