News

USK terima mahasiswa baru jalur prestasi

3.518 peserta SBMPTN lulus di USK
Ilustrasi, generasi muda saat mendaftar sebagai calon mahasiswa di salah satu universitas di Banda Aceh, Jumat (14/1/2022). Foto: Humas USK

POPULARITAS.COM – Universitas Syiah Kuala (USK) membuka pendaftaran calon mahasiswa baru untuk tahun akademik 2022/2023 melalui jalur Seleksi Talenta Berprestasi kampus ini.

Rektor USK Prof Marwan menjelaskan, jalur prestasi ini merupakan penjaringan calon mahasiswa yang memiliki kemampuan/prestasi di bidang akademik, leadership, karakter atau minat bakat tertentu.

Di mana, kata Marwan, proses seleksinya bersamaan dengan jalur Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri Wilayah Barat (SMMPTN-Barat) tahun 2022.

Dia mengungkapkan, seleksi jalur prestasi ini bertujuan untuk mendapatkan calon mahasiswa unggulan yang memiliki jiwa kepemimpinan, berkarakter dan beprestasi. Lalu memperluas cakupan layanan dan akses pendidikan tinggi secara khusus bagi calon mahasiswa yang memiliki prestasi akademik dan non akademik.

“Jalur prestasi ini juga bentuk apresiasi bagi putra-putri terbaik kita. Selama kuliah di USK, kita berharap mereka menjadi lulusan unggul sehingga mampu memberi manfaat yang luas bagi masyarakat,” ucap Marwan dalam keterangannya, Kamis (23/6/2022).

Ada empat katagori dalam jalur penerimaan mahasiswa baru ini yaitu jalur tahfidz dengan menunjukkan sertifikat hafalan 30 juz dari lembaga resmi. Lalu jalur prestasi bidang seperti olimpiade, MTQ, debat, karya ilmiah, olahraga dan seni, dengan menunjukkan sertifikat atau piagam penghargaan.

Kemudian, jalur kepemimpinan (leadership) seperti Ketua OSIS/OSIM, pramuka maupun siswa teladan dengan menunjukan surat keterangan. Selanjutnya adalah jalur pesantren, yang khusus untuk calon mahasiswa yang memilih Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP).

Proses pendaftaran proses seleksi jalur ini telah dibuka sampai tanggal 27 Juni 2022. Adapun Ujian Tulis Mandiri Barbasis Komputer dilaksanakan pada tanggal 30 Juni-14 Juli 2022. Sementara pengumuman hasil seleksi jalur prestasi ini akan diumumkan pada tanggal 18 Juli 2022.

“Peserta seleksi dan calon mahasiswa yang dinyatakan lulus agar selalu melihat perkembangan proses seleksi pada laman resmi USK,” ucap Marwan

Adapun panduan pendaftaran dan manual aplikasi pendaftaran seleksi ini dapat dilihat pada laman https://unsyiah.ac.id atau https://pmb.unsyiah.ac.id/. Atau untuk informasi lengkap terkait proses seleksi ini, dapat menghubungi Bagian Registrasi dan Statistik Universitas Syiah Kuala, dengan nomor Hp. 0811656886.

Shares: