News

USK terapkan kurikulum olahraga ala Eropa

USK mengikuti pelatihan tentang penyusunan silabus terkait mata kuliah keolahragaan yang akan diterapkan di Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi FKIP dan Fakultas Kedokteran USK
Tim Universitas Syiah Kuala (USK) melakukan studi banding ke Universitat Politècnica deValència (UPV) di Kota Valencia, Spanyol, selama enam hari, 9-14 Mei 2022. (Ist)

POPULARITAS.COM – Universitas Syiah Kuala (USK) bekerjasama dengan SPIRIT Erasmus+Programme of the European Union, mengikuti kegiatan pelatihan tentang penyusunan silabus terkait mata kuliah keolahragaan yang akan diterapkan di Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) dan Fakultas Kedokteran USK.

Keduanya diharapkan menjadi pioneer yang nantinya akan diterapkan di semua fakultas yang ada di USK.

Salah satu perwakilan Tim Erasmus USK, Prof Yusni mengatakan, kegiatan ini juga diajarkan berbagai inovasi, tidak hanya terkait bagaimana mata kuliah olahraga yang diterapkan di USK untuk mahasiswa olahraga, namun bagaimana mata kuliah olahraga memiliki pondasi dari lintas bidang ilmu terutama dari rumpun kedokteran, kesehatan, dan ilmu gizi makanan.

“Pelatihan tersebut juga membahas bagaimana mengembangkan even olahraga dan meningkatkan prestasi atlet secara terintegrasi dan melibatkan multidisiplin,” kata Prof Yusni.

Kegiatan ini diikuti oleh peserta dari empat negara, diantaranya: Indonesia, India, Srilangka dan Eropa, masing-masing negara diwakili oleh 4-5 peserta.

Indonesia diwakili oleh 3 universitas, Universitas Syiah Kuala (USK), Universitas Sumatera Utara dan Institut Pertanian Bogor.

“Yang menarik dari kegiatan ini adalah dari 3 Universitas yang berasal dari Indonesia, hanya USK yang memiliki Jurusan Olahraga,” ungkapnya.

Kegiatan ini dilaksanakan oleh universitat politècnica de valència (UPV) di Kota Valencia, Spanyol dimana kegiatan tersebut didanai sepenuhnya oleh Erasmus+Programme of the European Union. Kegiatan ini dilaksanakan selama 6 hari dari Senin, 9 Mei 2022 sampai dengan Sabtu, 14 Mei 2022.

“Kegiatan ini bertujuan untuk menyusun kurikulum pembelajaran mata kuliah Olahraga di Perguruan Tinggi, dengan menerapkan kurikulum yang telah diterapkan di negara-negara Uni-Eropa,” sebutnya.

Shares: