News

USK orientasi mahasiswa asing

USK orientasi mahasiswa asing
Mahasiswa asing yang kuliah di USK mengikuti orientasi bersama Kantor Imigrasi Kelas I TPI Banda Aceh di Ruang Adnan Ganto Multimedia, kampus setempat di Banda Aceh, Selasa (20/9/2022). Foto: Ist

POPULARITAS.COM – Universitas Syiah Kuala (USK) melaksanakan orientasi kampus kepada sejumlah mahasiswa asing pada Selasa (20/9/2022).

Orientasi ini berlangsung di Ruang Adnan Ganto Multimedia, yang diikuti sejumlah mahasiswa dari Asia Tenggara, Australia maupun Afrika.

Ketua Office of International Affairs (OIA) USK, Muzailin Affan mengucapkan selamat datang kepada seluruh mahasiswa asing di kampus Jantong Ate Rakyat Aceh.

Ia berharap, selama di Aceh, mahasiswa asing bukan saja serius dalam studi, namun memanfaatkan waktu dengan membangun jejaring dengan orang Aceh.

“Orientasi ini bertujuan mengenalkan kampus USK kepada mahasiswa asing kami. Selamat belajar, semoga bisa menambah jejaring di Aceh. Pada kesempatan ini, USK juga membekali pengetahuan keimigrasian kepada mereka,” kata dia.

Sementara itu, Wakil Rektor IV USK, Taufiq Saidi memberikan apresiasi kepada mahasiswa asing, atas dipilihnya USK sebagai destinasi studi. Ia berharap, mereka bisa beradaptasi dengan baik.

“Saya percaya mungkin dari mahasiswa asing kami, sedang merasakan kerinduan ke negara asalnya. Perasaan tersebut manusiawi. Selamat datang di USK, lekas berbaur dengan keadaan,” pesan Taufiq.

Dia menginformasikan, USK memiliki banyak Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang bisa menjadi wadah ekspresi mahasiswa asing. UKM tersebut silahkan dipilih sesuai dengan minat dan bakat.

“Yang paling penting, selain serius menyelesaikan studi adalah belajar kultur ke-Aceh-an dengan kekayaan khazanahnya. Silakan mencicipi kuliner khas, seperti minum kopi Aceh dan banyak lagi,” ujar WR IV.

Untuk diketahui, hingga kini tercatat USK memiliki 80 mahasiswa asing dari lintas benua, yang tersebar di hampir semua fakultas. USK yang sedang serius mempersiapkan diri sebagai world class university, sangat inklusif kepada diaspora pelajar internasional.

Shares: