News

USK kirim ribuan mahasiswa ke Aceh Tengah dan Bener Meriah

Universitas Syiah Kuala mengirimkan mahasiswanya untuk kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) dengan jumlah terbesar untuk pertama kalinya di Kabupaten Aceh Tengan dan Bener Meriah mulai tanggal 6 Juni-6 Juli 2022.
Sebanyak 2307 mahasiswa KKN kolaborasi mengikuti serah terima dengan Bupati Aceh Tengah di Musara Alun, Aceh Tengah, Senin (6/6/2022). (Ist)

POPULARITAS.COM – Universitas Syiah Kuala mengirimkan mahasiswanya untuk kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) dengan jumlah terbesar untuk pertama kalinya di Kabupaten Aceh Tengan dan Bener Meriah mulai tanggal 6 Juni-6 Juli 2022.

Di mana jumlah mahasiswa pada KKN USK ke XXI ini sebanyak 3.698 mahasiswa. Jumlah tersebut terdiri dari 2.439 orang di Aceh Tengah dan 899 orang di Bener Meriah. Lalu pada hari yang sama USK juga mengirimkan 360 mahasiswanya untuk kegiatan KKN di Aceh Besar.

Rektor USK Prof Marwan dalam sambutannya saat menyerahkan sebagian mahasiswa KKN di Lapangan Musara Alun, Takengon, mengatakan, KKN kali ini terasa istimewa karena USK mampu mengirimkan mahasiswanya dengan jumlah terbanyak.

Selain itu, KKN kali ini merupakan KKN kolaborasi dengan tiga perguruan tinggi lainnya yaitu Universitas Malikussaleh, Universitas Teuku Umar dan Universitas Samudra Langsa. Serta turut melibatkan 12 mahasiswa asing USK.

“Untuk itulah, USK sengaja mengangkat tema penting dalam KKN kali ini yaitu berfokus pada pemberdayaan ekonomi masyarakat berbasis green economy dan mengentaskan masalah stunting,” ucap Marwan dalam keterangannya, Senin (6/6/2022).

Bupati Aceh Tengah, Shabela Abubakar menyampaikan terima kasih atas kepercayaan USK untuk kembali mengirimkan mahasiswa KKN di daerahnya ini. Ia berharap, kehadiran mahasiswa USK bisa memberikan kontribusi penting dalam upaya pembangunan Aceh Tengah.

Salah satunya dengan memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang pentingnya imunisasi dan pemberian nutrisi yang cukup bagi bayi untuk mencegah stunting.

“Ini juga kesempatan kalian untuk berbakti selama sebulan. Terima Kasih USK telah mempercayakan Aceh Tengah dengan mengirim hampir 3000 mahasiswanya dan berkolaborasi dengan universitas lain. Mudah-mudahan semuanya berjalan lancar,” ucapnya.

Sementara itu Wakil Bupati Bener Meriah Dailami turut menyampaikan terima kasih yang telah memilih Bener Meriah untuk KKN ini. Dalam sambutannya, Dailami memperkenalkan tipologi masyarakat per kecamatan.

Ia juga mempersilakan masing-masing camat, untuk memberikan arahan kepada mahasiswa KKN di kesempatan tersebut. Selain kehadiran mahasiswa diharapkan bisa turut menyukseskan ajang Musabaqah Tilawah Qur’an (MTQ) Provinsi Aceh pada 18-25 Juni 2022 di Bener Meriah.

“Selamat datang di Bener Meriah, kabupaten yang bersyariat Islam dan beradat. Kehadiran mahasiswa KKN penting untuk sama-sama kita semarakkan ajang MTQ tingkat Provinsi Aceh tahun 2022,” ucap Dailami.

Lebih jauh, Dailami berharap mahasiswa KKN ini dapat mendatangkan manfaat dan kemajuan bagi masyarakat Bener Meriah. Dengan demikian mampu meninggalkan kesan positif secara budi pekerti maupun program monumental yang berkelanjutan.

Harapan yang sama juga disampaikan Wakil Rektor III USK Prof Mustanir. Lebih khusus, Prof Mustanir juga berharap mahasiswa KKN dapat menjadi aktor utama kesukesan MTQ di kabupaten ini, yaitu dengan terlibat aktif dan dapat menjalin komunikasi yang baik dengan masyarakat.

“KKN kali ini akan jadi perhatian bersama, ini bertepatan dengan MTQ Provinsi. Mahasiswa KKN harus jadi aktor utama dalam menyukseskan ajang mulia ini,” tutur Prof Mustanir.

Shares: