News

USK Jalin Kerja Sama dengan Universitas di Amerika Serikat

Kepala  Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Aceh, Syaridin dan Wakil Rektor I USK Prof Marwan melakukan penandatanganan Memorandum  of Agreement (MoA) dengan The University of Rhode Island pada Selasa (19/10/2021) malam. (Istimewa)

POPULARITAS.COM – Universitas Syiah Kuala dan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Aceh menjalin kerja sama dengan perguruan tinggi asal Amerika Serikat yaitu The University of Rhode Island (URI).

Kesepakatan ini ditandai dengan penandatanganan Memorandum of Agreement (MoA) oleh Wakil Rektor I USK Prof Marwan dan Kepala BPSDM Aceh, Syaridin, serta turut disaksikan  perwakilan URI di Indonesia Diana Devi pada Selasa (19/10/2021) malam di Balai Senat USK.

Dalam penandatanganan MoA tersebut, para pimpinan URI turut menyaksikan kesepakatan ini secara daring dari Amerika Serikat. Mereka yang hadir di antaranya Vice Provost for Global Initiatives Dr. Gifty Ako-Adounvo, Dean of College of the Environment and Life Sciences Dr. John Kirby dan Dr. Brook Ross. Sementara dari pihak USK adalah Wakil Rektor III, Wakil Rektor IV, Direktur Pasca Sarjana serta pejabat USK lainnya.

Syaridin dalam sambutannya mengatakan, bentuk kerja sama ini adalah program pendidikan yang bernama Masters of Environmental Science & Management (MESM) antara USK dan URI. Adapun sumber pendanaan program tersebut berasal dari Pemerintah Aceh melalui BPSDM.

Syaridin mengungkapkan, sebenarnya program ini telah direncanakan sejak tahun 2018 namun sempat terhenti. Lalu sejak 2019, program pendidikan ini coba ditindaklanjuti kembali oleh BPSDM sehingga dapat terlaksana pada tahun ini.

Dalam proses pendidikannya, pada tahun pertama mahasiswa akan kuliah terlebih dahulu di USK seperti yang sudah berlangsung. Lalu tahun kedua, mahasiswa akan diberangkatkan ke Amerika Serikat untuk belajar langsung di URI.

Syaridin menyakini, program pendidikan ini sangat bermanfaaat khususnya dalam meningkatkan kualitas SDM Aceh.  Untuk itulah, ia menyampaikan terima kasih kepada USK yang telah memfasilitasi kerja sama ini.

“Kami berharap program kerja sama ini dapat berjalan lancar, dan mahasiswa dapat  menerapkan pendidikannya tepat waktu. Semoga SDM yang kita lahirkan ini dapat bermanfaat bagi pembangunan Aceh,” ucapnya.

Sementara itu Prof Marwan mengatakan,  USK sangat menyambut baik kerja sama ini. Sebab hal ini sangat sejalan dengan komitmen USK untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Untuk itulah, Prof. Marwan menyampaikan terima kasih kepada Tim USK, URI maupun BPSDM Aceh yang telah terlibat selama ini sehingga kesepakatan hari ini dapat terwujud.

Selain itu, USK juga sangat bangga karena dari 15 orang penerima beasiswa ini, 10 di antaranya merupakan mahasiswa USK.

“USK berkomitmen untuk menghadirkan pendidikan tinggi yang berkualitas, sehingga mampu melahirkan lulusan yang religius,  kreatif, memiliki kesadaran sosial serta beretika. Kerja sama ini adalah salah satu upaya mewujudkan misi tersebut,” ucapnya.

Selanjutnya, Gifty Ako-Adounvo mengungkapkan, Rektor URI Marc Parlange turut menyambut baik kerja sama ini dan menyampaikan salam kepada Pemerintah Aceh serta USK. Menurutnya, pihak URI sangat antusias menyambut 15 orang penerima beasiswa ini untuk tiba di Amerika Serikat tahun depan.

“Kami sangat senang dan menunggu kedatangan para mahasiswa dari Aceh untuk belajar di Universitas Rhode Island di Amerika pada tahun kedua nanti,”  ujarnya.

Shares: