Usai Lantik Walikota Subulussalam, Plt Gubernur Aceh Sidak RSUD

SUBULUSSALAM (popularitas.com) : Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, usai melantik Walikota Subulussalam, secara mendadak siang harinya, Selasa (14/5), melakukan inspeksi ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) setempat.

Nova yang tiba di RSUD itu pada pukul 11.00 WIB, tidak mendapati adanya petugas di layanan counter utama, namun kemudian, salah satu dokter di rumah sakit tersebut, yang diketahui bernama dr Sari, yang merupakan Kabid pelayanan, menemui Plt Gubernur, dan mendampinginya dalam pengecekan seluruh fasilitas rumah sakit daerah tersebut.

Dalam pemeriksaan di RSUD itu, Nova memeriksa satu persatu ruang pelayanan, ruang rawat inap, poliklinik, IGD, hingga kamar pasien.

BULD Rumah Sakit Kota Subulussalam merupakan rumah sakit tipe C. Ada 110 bed atau tempat tidur pasien di rumah sakit itu. Berdiri di lahan seluas 7 hektar.

Usai melakukan pemeriksaan, kepada dr Sari Nova menyampaikan kritikannya terkait dengan ruang IGD yang terkesan kosong tanpa ada peralatan medis. “Inikan IGD sangat luas, perlu ada penempatan perlatan penunjang kegawatdaruratan dalam pelayanan kepada masyarakat,” katanya.

Sarifin Usman, Direktur Rumah Sakit Umum Subulussalam tiba saat Nova berada di ruangan IGD. Ia terlambat datang dikarenakan sedang menghadiri undangan pelantikan wali kota pada Selasa pagi. Kepada Sarifin Usman, Nova meminta agar para pegawai diarahkan untuk bergotong royong membersihkan lokasi rumah sakit.

“Hari minggu gotong royong, suruh konsultan buat desain dan buat taman tempat duduk keluarga pasien,” kata Nova.

Usai dari IGD, Plt kemudian diajak berkunjung ke kamar-kamar pasien pada ruangan kelas 3 dan kamar rawat inap kelas 1. Di kamar yang tak ada pasien, Plt Gubernur masuk dan melihat-lihat. Ia melihat sofa yang mulai sobek dan di atas dudukan TV yang berdebu.

“Masa rumah sakit debunya seperti ini,” kata Nova.

Dari ruangan itu, Nova Iriansyah kemudian dibawa ke ruang inap bagi pasien paska-melahirkan. Beberapa tempat yang tak tertata diminta untuk dirapikan tanpa perlu melibatkan direktur. “Bagus ini rumah sakit ini. Tinggal ditata sedikit lagi,” kata Nova.(***)

Anda mungkin juga berminat