News

UPTD Tekkomdik Disdik Aceh Undang Kepala SMA dan SMK

Kepala UPTD Tekkomdik, Dinas Pendidikan Aceh, Teuku Fariyal mengatakan, pihaknya untuk meningkatkan peran dan fungsi intansi tersebut, dalam mendukung kegiatan belajar dan mengajar, khususnya bagi SMA dan SMK di provinsi ujung pulau sumatera ini.
Kepala UPTD Tekkomdik, Dinas Pendidikan Aceh, Teuku Fariya, foto bersama usai berdiskusi dengan kepala SMK dan SMA Kota Banda Aceh, Jumat (4/1) - (FOTO : Ist)

BANDA ACEH (popularitas.com) : Kepala UPTD Tekkomdik, Dinas Pendidikan (Disdik) Aceh, Teuku Fariyal mengatakan, pihaknya untuk meningkatkan peran dan fungsi intansi tersebut, dalam mendukung kegiatan belajar dan mengajar, khususnya bagi SMA dan SMK di provinsi ujung pulau sumatera ini.

Dan untuk mendapatkan masukan tersebut, UPTD Tekkomdik, Jumat, 3 Januari 2020, mengundang para kepala SMA dan SMK di Banda Aceh, untuk hadir dan diskusi di kantor instansi tersebut, guna mendapatkan masukan dan saran.

Teuku Fariyal menjelaskan, dalam kegiatan tersebut, hadir sejumlah kepala sekolah, seperti SMA Negeri Modal Bangsa, SMA Negeri 10 Fajar Harapan, SMA Negeri 16, SMK Negeri 5 Telkom, dan SMK Negeri Al Mubarkeya, Aceh Besar.

Dalam pertemuan tersebut, jelas Fariyal, pihaknya mendiskusikan banyak aspek, terutama perihal peran dan kontribusi dari UPT Tekkomdik dalam peningkatan proses pembelajaran ditingkat SMA dan SMK serta SLB. ‘

“SMA dan SMK serta SLB saat inikan kewenangan provinsi, kita ingin UPTD Tekkomdik dapat lebih berperan dalam mendukung KBM di tiap sekolah tersebut,” ujarnya.

Ia menyebutkan, adapun yang didiskusikan dalam pertemuan tersebut seperti bagaimana merancang IT di sekolah-sekolah dengan melakukan koordinasi dengan satuan pendidikan.

“Mengefektifkan program-program atau kegiatan yang bisa membantu sekolah. Selain itu juga dapat mengatasi problem-problem IT yang terdapat di sekolah,” sebutnya.

Masih kata Teuku Fariyal, kedepan peran UPTD Balai Tekkomdik dalam memfasilitasi data-data sekolah hingga dukungan lembaga yang dipimpinnya itu dalam proses pembelajaran, akan semakin ditingkatkan.

“Keberadaan UPTD Balai Tekkomdik sebagai pihak penyedia saluran pembelajaran multimedia. Disamping lembaga ini juga sebagai pusat belajar bagi guru, menjadi fasilitator pembelajaran di pelosok-pelosok yang mengalami kekurangan pendidik, kurang memahami tentang IT bisa dilakukan melalui telekonfren. Hal ini merupakan bagian untuk menjembatani sekolah/guru dalam meningkatkan kualitas,” katanya lagi.

Ia menjelaskan, peran UPTD Balai Tekkomdik dapat memberi kepuasan bagi sekolah-sekolah, guru dan peserta didik. UPTD Balai Tekkomdik berfungsi sebagai penyedia informasi, pusat kontrol koneksi sekolah dengan dinas serta pengembangan kreatifitas guru terkait program keahlian.

“Kedepan pihaknyha memastikan semua sekolah bisa mengakses media pembelajaran. Kita juga menyampaikan pesan moral dalam bentuk media pembelajaran seperti pembentukan karakter, kearifan lokal melalui learning resource,” terangnya. (*SKY/RIL)

Shares: