UNHCR Yakin Pengungsi Rohingya Tidak Terpapar Covid-19

LHOKSEUMAWE (popularitas.com) – United Nations High Commissioner for Refugees (UNHCR) Oktina menyebutkan pengungsi Rohingya yang berhasil dievakuasi oleh warga Lancok, Kecamatan Syamtalira Bayu, Aceh Utara, Kamis (25/6/2020) meyakini tidak terpapar virus corona.

“Saya rasa mereka tidak Covid-19 ya, karena mereka sudah tiga bulan di laut gak mungkin mereka terkena covid-19. Justru yang dikhawatirkan mereka rentan terpapar Covid-19, sudah sampai kedaratan,” kata Protection Associate of UNHCR, Oktina, Jumat (26/6/2020).

Kata Oktina, pihaknya belum bisa memastikan sampai kapan para Rohingya tersebut bertahan di tempat kantor bekas Imigrasi Lhokseumawe itu. Setidaknya mereka sudah ada tempat berteduh sementara setelah terombang-ambing di tengah laut selama tiga bulan lebih.

“sementara di kantor Imigrasi dulu ya, apapun keputusannya lihat nanti dulu yang terpenting mereka telah di daratan, kelihatannya kondisi fisik mereka sangat lemas sekali, kerena sudah tiga bulan di laut jadi butuh penanganan cepat, apalagi ada anak-anak, perempuan dewasa,” ujarnya.

Untuk memastikan itu nanti para relawan itu akan memantau terus bagaimana dan seperti apa kondisi kesehatyan mereka para pengunsi tersebut. Kata Oktina akan berkoordinasi dengan pemerintah daerah, Imigrasi, untuk mencari solusi bagaimana seperti apa keputusannya.

“Jumlah mereka kisaran 98 atau 99, tapi akan kami data kembali nanti, selain itu kami juga akan berkoordinasi dengan TNI/ Polri juga untuk pengamanan mereka,” tutupnya.[acl]

Reporter: Risky

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat