News

Ular Piton 3 Meter Mangsa Ternak Warga di Aceh Besar

Ular Piton 3 Meter Mangsa Ternak Warga di Aceh Besar. (ist)

POPULARITAS.COM – Petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Besar mengevakuasi ular piton dari rumah warga di Batee Linteung Kecamatan Simpang Tiga kabupaten setempat yang sudah meresahkan.

“Setelah menerima informasi sebanyak enam petugas langsung menuju ke lokasi untuk melakukan penanganan,” kata Kepala BPBD Aceh Besar Farhan AP melalui petugas Pusdalops Maswani seperti dilansir laman Antara, Kamis (7/10/2021).

Maswani mengatakan, saat proses evakuasi, ular piton tersebut sedang berada di kandang ayam dan telah memangsa dua ayam peliharaan warga, sehingga terlihat.

“Panjang ular piton yang kita amankan tersebut diperkirakan lebih kurang sekitar tiga meter,” ujarnya.

Kata Maswani, proses evakuasi tidak berlangsung lama hanya membutuhkan waktu kurang dari satu menit, karena ular juga dalam kondisi baru memangsa ayam.

Saat evakuasi, lanjut Maswani, petugas hanya menggunakan stick ular, dan setelah diseret dari kandang ayam ular tersebut langsung diamankan menggunakan tangan petugas.

Proses evakuasi ular piton tersebut juga disaksikan oleh masyarakat setempat. Setelah itu kembali dilepaskan ke habitatnya di hutan setempat.

“Setelah ular jenis piton itu kita evakuasi, dan langsung kita lepaskan kembali ke alam habitatnya,” kata Maswani.

Shares: