HeadlineNews

Tujuh tips hemat BBM saat berkendera

Kuota BBM subsidi untuk Aceh tahun 2024 sebesar 1 juta kilo liter, meningkat dibandingkan 2023
Ilustrasi, petugas mengisi BBM ke kendaraan konsumen di SPBU Abdul Muis, Jakarta, Senin (2/7).(Liputan6.com/Johan Tallo)

POPULARITAS.COM – Kenaikan harga BBM yang berlaku efektif pada 3 September 2022 lalu, menyebabkan terjadi pembengkakan pengeluaran dalam hal konsumsi bahan bakar. Tak pelak hal itu menjadi persoalan tersendiri bagi pemilik kenderaan roda dua dan empat.

Saat ini, warga mulai menghitung ulang dampak kenaikan harga BBM terhadap pengeluaran harian, dan kebutuhan operasional kenderaan. Dilansir dari laman Antara, Minggu (18/9/2022), berikut tujuh tips hemat konsumsi BBM.

1. Servis berkala sesuai anjuran

Servis berkala secara teratur di bengkel Auto2000 mampu menjaga performa mesin agar selalu optimal. Teknisi Auto2000 akan memeriksa komponen mobil termasuk mengganti oli, dan memastikan semua komponen bekerja dengan baik. Auto2000 merekomendasikan penggantian oli mesin paling tidak setiap 6 bulan sekali.

“Kenaikan harga bensin membuat AutoFamily harus menghitung biaya operasional mobil. Selain berupaya menghemat konsumsi bensin dengan melakukan solusi yang kami sampaikan, urusan Toyota lebih mudah karena Auto2000 dapat membantu memastikan pembakaran BBM di mesin Toyota berjalan optimal melalui servis berkala,” kata Nur Imansyah Tara, Aftersales Business Division Head Auto2000.

2. Perhatikan tekanan udara ban

Tekanan udara ban yang kurang membuat mobil butuh tambahan tenaga untuk melaju. Periksa tekanan udara ban mobil sesuai rekomendasi pabrikan minimal sebulan sekali. Jangan mengisi udara ban melebihi ketentuan karena dapat membuat mobil tidak nyaman dan mengurangi grip ban di jalan.

3. Manfaatkan peta digital

Aplikasi peta digital semakin bisa diandalkan untuk mencari rute yang paling cepat sehingga tidak memakan waktu perjalanan. Kompensasinya adalah konsumsi bahan bakar lebih irit.

4. Manajemen waktu perjalanan

Pelajari jam sibuk di rute yang biasa ditempuh dan disesuaikan dengan aktivitas rutin. Keputusan mengatur waktu perjalanan juga membuat Anda tidak terburu-buru sehingga sanggup berkendara dengan rileks dan wajar.

5. Atur muatan mobil

AutoFamily tidak bisa membawa penumpang dan barang melampaui batas daya angkut mobil. Beban berlebih akan membuat mesin membutuhkan tenaga besar untuk bekerja. Komponen lain juga bekerja keras sehingga mereduksi usia pakainya.

6. Maksimalkan fitur kendaraan

Seperti fitur ECO Mode di beberapa model seperti Kijang Innova yang akan membantu mengirit konsumsi bensin. Kemudian ada juga ECO Indicator di panel instrumen memberitahukan cara mengemudi sudah tepat dan efisien. Transmisi otomatis modern juga memiliki manajemen ECU yang sangat optimal dalam menjaga konsumsi BBM.

7. Isi bensin sesuai rekomendasi pabrikan

Mengisi BBM sesuai rekomendasi pabrikan menjaga kesempurnaan proses pembakaran mesin. Jika tidak, sangat mudah terjadi gejala ngelitik sehingga performa mesin turun.

Shares: