Truk bantuan Darwati A Gani untuk banjir Aceh Utara terguling

POPULARITAS.COM – Truk bermuatan logistik untuk korban banjir di Aceh Utara dari anggota DPR Aceh Darwati A Gani, terguling dan masuk ke dalam parit. Peristiwa itu terjadi pada Rabu (4/1/2022) sore hari di Kawasan Desa Matang Keh, Pirak Timu, Aceh Utara.

Walau tidak ada korban jiwa dalam peristiwa naas itu, namun logistik berupa beras, air mineral, mie instan, gula pasir turut terendam air akibat tergulingnya truk bantuan tersebut.

Amatan Popularitas.com di lokasi itu, genangan air masih menggenangi rumah warga hingga ke badan jalan, meski banjir mulai surut ketinggian air selutut orang dewasa. Sementara di pemukiman warga masih sepinggang orang dewasa.

Ketua Asosiasi Geuchik (Asgara), Aceh Utara, Abu Bakar dalam keterangannya kepada popularitas mengatakan, tergulingnya truk itu sebagai akibat kondisi jalan berlubang, dan dan sebagian besar parit tertutup air. Karena itu supir tidak dapat mengendalikan situasi.

Kecamatan Pirak Timu merupakan salah satu kecamatan pedalaman dan lokasi parah dari dampak banjir sejak 1 Januari 2022 hingga hari ini. ketinggian air di kawasan itu mencapai dua meter. Untuk jarak tempuh dari Kota Lhoksukon Aceh Utara ke kawasan itu butuh waktu sekitar 30 menit dengan medan jalan rusak parah.

“lokasi ini langganan setiap tahun, 11 desa di kecamatan ini terendam bahkan Desa Matang Keh dan Mini Baro terisolir karena kondisi jalan tidak bisa diakses, untuk keluar ke kota kecamatan aja warga tidak bisa keluar,” sebut Abu Bakar.

Sementara itu, anggota DPRA dari Partai Nanggroe Aceh (PNA), Darwati A Gani menyebutkan, dirinya bersama rombongan berencana ingin menyalurkan bantuan tersebut, sebagian bantuan sebelumnya sudah disalurkan ke Dayah Nurussalam Abu Matang Keh.

Selanjutnya rombongan kembali melanjutkan perjalanan menyasar ke rumah – rumah warga, namun di perjalanan mobil terbalik bersama bantuan yang ada di dalam truk ke banjir. bantuan itu langsung dibagikan di lokasi kejadian tersebut.

“Kita tidak menginginkan kejadian ini, kita berharap bantuan ini masih bisa digunakan, seperti beras jika langsung masak masih bisa digunakan, kalau gula pasir air mineral dan minyak goreng terbungkus dengan plastik jadi masih aman apabila disimpan,” kata Darwati.

“Truk yang dikemudikan warga Sawang itu terperosok ke samping kanan badan jalan, kita jalan beriringan tadi tapi di titik itu mobil oleh ked an terguling,alhamdulillah, sekitar pukul 21.00 Wib tadi, mobil sudah bisa ditarik dari parit itu dengan traktor dan dibantu oleh belasan warga setempat meskipun dalam keadaan mogok,” ujarnya.

Darwati, menambahkan kondisi banjir di kawasan Pirak Timu ini sangat memprihatinkan bahkan bantuan ke daerah tersebut masih sangat kekurangan logistik dan obat – obatan serta keperluan bayi seperti popok dan pakaian.

“Kita akan meneruskan kabar ini ke pusat, agar banjir seperti ini tidak terjadi lagi setiap tahunya, kondisi jalan di sepanjang perjalanan ke daerah ini juga rusak parah,” pungkasnya.

 

Editor : Hendro Saky

 

Comments
Loading...