EkonomiNews

Transaksi uang elektronik di Aceh capai Rp613,70 miliar selama 2022

Bank Indonesia (BI) Perwakilan Aceh mencatat transaksi uang elektronik di tanah rencong mengalami peningkatan yang cukup positif tahun ini yakni mencapai Rp613,70 miliar hingga triwulan I tahun 2022.
Ilustrasi - seorang warga sedang melakukan pembayaran secara elektronik (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)

POPULARITAS.COM – Bank Indonesia (BI) Perwakilan Aceh mencatat transaksi uang elektronik di tanah rencong mengalami peningkatan yang cukup positif tahun ini yakni mencapai Rp613,70 miliar hingga triwulan I tahun 2022.

“Perkembangan transaksi uang elektronik secara nominal pada triwulan I 2022 sebesar Rp613,70 miliar atau naik sebesar 40,78 persen dari tahun ke tahun (yoy),” kata Deputi Kepala BI Perwakilan Aceh T Amir Hamzah, di Banda Aceh, Selasa.

Selama triwulan I tahun 2022, transaksi uang elektronik di Aceh sejauh ini didominasi untuk keperluan belanja dengan jumlah nominal mencapai Rp415,2 miliar.

“Dari sisi volume, transaksi uang elektronik juga tumbuh sebesar 59,12 persen (yoy) atau mencapai 5,36 juta transaksi selama triwulan I 2022,” ujarnya.

Hamzah mengatakan, capaian positif tersebut karena memang sudah meningkatnya kesadaran masyarakat dalam menggunakan instrumen pembayaran non tunai.

“Trend transaksi uang elektronik yang terus meningkat ini juga ditengarai oleh semakin tingginya minat masyarakat baik dari sisi konsumen maupun merchant (pedagang),” katanya.

Selain itu, kata Hamzah, pengimplementasian berbagai program elektronifikasi oleh pemerintah daerah juga berpengaruh terhadap peningkatan jumlah transaksi uang elektronik ini.

Kemudian, lanjut Hamzah, tingginya minat masyarakat menggunakan instrumen uang elektronik ini juga diiringi dengan peningkatan infrastruktur penerima pembayaran baik chip based maupun server based.

“Peningkatan ini juga selaras dengan semakin tingginya intensitas penggunaan uang dalam aktivitas belanja masyarakat melalui platform e-commerce selama masa pandemi,” demikian T Amir Hamzah. (ANT)

Shares: