InsfrastrukturNews

Tol Sigli – Banda Aceh Tingkatkan Aksesibilitas Moda Transportasi Darat

Ruas jalan tol Sigli - Banda Aceh (Sibanceh) seksi empat (Blang Bintang - Indrapuri) yang siap untuk beroperasi di Kabupaten Aceh Besar. (ANTARA)

POPULARITAS.COM – Keberadaan Tol Sigli – Banda Aceh yang akan diresmikan besok, Selasa (25/8/2020) dinilai mampu meningkatkan aksesibilitas moda transportasi darat di Provinsi Aceh.
Pengamat Transportasi Universitas Syiah Kuala (Unsyiah), Prof. Sofyan M. Saleh menyampaikan bahwa kehadiran Tol Sigli – Banda Aceh akan sangat bermanfaat bagi masyarakat Aceh.

“Ruas Sigli – Banda Aceh memang sesuatu yang sangat diharapkan oleh masyarakat, karena bisa mempermudah mobilitas masyarakat yang selama ini harus melalui gunung dan sawah dimana secara geometriknya agak berbelok-belok dengan kecepatan rata-rata hanya 60 km/jam.” ujar Sofyan dalam keterangannya, Senin (24/08/2020).

Tak hanya itu, jika terhubung secara keseluruhan, Tol Sigli – Banda Aceh akan mempercepat waktu tempuh dan mempermudah akses menuju tempat-tempat strategis di Aceh.

“Masyarakat yang paham akan waktu tempuh akan melihat keberadaan tol ini sebagai sebuah karya yang sangat bermanfaat. Karena waktu sangat berharga, hadirnya tol ini mampu mempersingkat waktu hampir separuh dari waktu tempuh sekarang. Artinya masyarakat dapat menghemat out of pocket money.” jelas Sofyan.

Menurut Sofyan, pembangunan suatu daerah sangat bergantung pada baiknya tata kelola moda transportasi darat, karena pergerakan orang dan barang antar wilayah umumnya menggunakan transportasi darat.

Ia menyampaikan bahwa di wilayah Aceh, 95 persen transportasi oleh moda darat atau jalan sedangkan secara nasional 87 persen.

“Saya lihat jika tol ini terhubung dari seksi 1 sampai seksi 6, minat masyarakat akan meningkat karena waktu dan juga kenyamanan jalan. Terutama di seksi 4 yang saat ini mau diresmikan, segmen tol akan mempermudah akses ke Bandara Udara Internasional Sultan Iskandar Muda. Terlepas dari Covid-19, manfaat memang belum signifikan untuk saat ini. Tapi saya optimis pemanfaatan dari tol ini dapat berjalan secara maksimal jika keadaan sudah normal kembali,” ungkap Sofyan.

Editor: dani

Shares: