InsfrastrukturNews

Tol Sibanceh seksi 2 dibuka dan dioperasikan untuk mudik 2022

PT Hutama Karya (HK) mulai mengoperasikan jalan tol Sigli - Banda Aceh (Sibanceh) seksi dua sehingga dapat digunakan masyarakat Provinsi Aceh untuk perjalanan mudik Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah.
Sempat dicoret dari daftar PSN, ruas tol Sigli-Lhokseumawe-Langsa kembali dilanjutkan
Petugas memantau kondisi di depan gerbang tol Sigli - Banda Aceh (Sibanceh) seksi II Jantho-Seulimum di Aceh Besar, Aceh, Selasa (19/4/2022). (ANTARA FOTO / Irwansyah Putra/nym)

POPULARITAS.COM – PT Hutama Karya (HK) mulai mengoperasikan jalan tol Sigli – Banda Aceh (Sibanceh) seksi dua sehingga dapat digunakan masyarakat Provinsi Aceh untuk perjalanan mudik Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah.

“Iya, hari ini sudah mulai beroperasi seksi 2 Seulimum – Jantho,” kata Branch Manajer Ruas Tol Sibanceh PT Hutama Karya Jarot Seno Wibawa di Banda Aceh, Rabu (27/4/2022) kepada Antara.

Sebelumnya, Jarot mengatakan ruas jalan tol Sibanceh seksi 2 meliput Seulimum-Jantho dengan jarak 6 kilometer. Ruas ini sudah memiliki surat keputusan pengoperasian dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Ruas tol ini memang sudah siap untuk beroperasi. Pihaknya juga telah menyiapkan petugas tol serta semua peralatan untuk pengoperasian.

“Begitu ada instruksi untuk operasional nanti langsung kita operasi. Kita sudah lapor untuk tanggal pengoperasian, cuma belum ada tanggapan dari Kementerian PUPR,” kata Jarot.

Apabila ruas tol seksi 2 mulai beroperasi, maka total ruas tol Sibanceh yang telah rampung dan beroperasi meliputi tiga seksi, yakni seksi 2 Seulimum-Jantho, seksi 3 Jantho-Indrapuri dan seksi 4 Indrapuri-Blang Bintang, dengan total jarak 36 kilometer.

Memang selama ini ruas tol Jantho, Indrapuri dan Blang Bintang secara konektivitas masih belum maksimal, lantaran ruas Jantho dan Blang Bintang jauh dari jalan lintas nasional.

“Insha Allah kalau seksi 2, gerbang Seulimum ini cukup dekat dengan jalan lintas. Kita berharap pengguna akan tertarik untuk masuk dan memanfaatkan jalan tol untuk mempermudah, mempercepat transportasi para pengguna jalan,” katanya.

Shares: