News

Toko yang Terbakar di Peunayong Dihuni Anak Punk

POPULARITAS.COM – Kebakaran melanda kawasan Pasar Peunayong, Kota Banda Aceh, Kamis (18/2/2021) sore. Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Banda Aceh mengklaim, toko yang terbakar hanya satu unit.

Namun, berdasarkan amatan di lokasi, toko yang terbakar sebanyak empat unit dan hanya di bagian lantai II. Sementara lantai I yang berisi bumbu-bumbu dapur dapat diselamatkan.

“Lantai dua kosong, hanya ada kasur-kasur, karena itu kosong, belum dipergunakan,” ujar Kepala DPKP Banda Aceh, Rizha di lokasi kejadian.

Rizha menyebutkan bahwa lantai II toko tersebut dihuni oleh anak punk. Kebakaran ini diduga dipicu akibat kelalaian anak punk tersebut. Mereka saat ini sedang diperiksa oleh petugas kepolisian.

“Mereka mungkin merokok atau bakar-bakar, mungkin itu salah satu sumber yang memicu kebakaran. Bisa jadi puntungan rokok atau memasak mereka menggunakan kompor,” jelas Rizha.

Rizha menambahkan, toko yang terbakar itu adalah milik Nizarli (38), warga Kecamatan Ulee Kareng, Banda Aceh. “Dia menjual rempah-rempah rumah tangga di toko tersebut,” ucapnya.

Dari keterangan pemilik toko, kata Rizha, bagian toko lantai II itu sebelumnya tempat jualan los pisang yang kini tidak dipergunakan lagi. Sehingga, kini menjadi tempat tumpukan barang-barang bekas.

“Namun, berdasarkan kata saksi, ada warga yang tidak dikenal sering mendiami bangunan kosong tersebut dan dugaan sementara api berawal dari puntung rokok membakar tumpukan barang-barang bekas tersebut,” jelasnya.

Rizha menyebutkan, begitu mendapat adanya laporan kebarakan, pihaknya langsung mengerahkan enam unit armada pemadam kebakaran ke lokasi kejadian.

“Api sudah berhasil dipadamkan dan tidak ada korban jiwa dan penyebab kebakaran diduga dari puntung rokok namun untuk perkembangan lanjutan masih dalam penyelidikan pihak kepolisian,” pungkasnya.

Editor: dani

Shares: