News

Tips Membuat Ketapel Super dari Kayu

Ilustrasi katapel.

POPULARITAS.COM – Bagi masyarakat pedesaan, ketapel bukanlah barang asing di telinga. Alat permainan ini sering kali digunakan untuk memburu sebagai pengganti senapan angin.

Selain itu, ketapel juga sering digunakan oleh petani ketika tanamannya sudah berbuah dan memasuki masa panen. Seperti padi, kelapa, jagung, coklat, rambutan dan tanaman-tanaman lainnya.

Untuk tanaman padi misalnya, alat ini digunakan untuk mengusir hama burung pipit. Sementara untuk kepala, coklat, dan rambutan, alat ini digunakan untuk mengusir hama tupai.

Di kalangan remaja pedesaan, ketapel juga sering digunakan untuk berburu burung-burung di hutan dan lain sebagainya.

Ketapel umumnya terbuat buat dari kayu. Pada dasarnya semua kayu bisa digunakan untuk membuat ketapel asalkan kayu tersebut berbentuk huruf Y.

Untuk membuat ketapel, maka Anda harus menyiapkan alat-alat seperti gergaji, pisau, ampelas, karet ban dalam bekas sepeda, kain kalep atau kulit kambing atau lembu yang sudah dikeringkan.

Berikut langkah-langkah membuat ketapel seperti dilansir kanglana.com:

  1. Potong kayu yang berbentuk huruf Y untuk bagian pegangannya kira-kira 1 jengkal
  2. Potong ujung bagian huruf Y kira-kira sepanjang jari telunjuk
  3. Bersihkan kulit kayu ketapel menggunakan pisau sampai bersih
  4. Haluskan menggunakan ampelas seluruh permukan ketapel hingga halus, agar nyaman saat digunakan (jika tahap di atas sudah dilakukan semua, lanjut ke tahap akhir yaitu pemasangan karet dan kain penyangga peluru)
  5. Ambil karet ban dalam bekas sepeda dengan panjang kira-kira 2 jengkal dan lebar 2 cm.
  6. Selanjutnya ikatkan melingkar kedua ujung karet pada ketapel dengan erat.
  7. Tahap akhir yaitu ikatkan kedua ujung karetnya lagi dengan kain kalep atau kulit kambing atau lembu yang sudah dikeringkan. Sesuaikan dengan kebutuhan.

Editor: dani

Shares: