KesehatanNews

Tips Cegah Obesitas agar Tubuh Lebih Tahan Covid-19

Ilustrasi.

POPULARITAS.COM – Studi menyebutkan bahwa orang obesitas lebih rentan terinfeksi Covid-19. Sebab obesitas akan berkaitan dengan penyakit komorbid lainnya yang biasa disebut sebagai sindrom metabolik atau lebih dikenal dengan metabolic syndrome.

Wakil Ketua Bidang Apoteker Advance dan Spesialis PP Ikatan Apoteker Indonesia (IAI), Prof. Dr. Kerry Lestari Dandan, Apt, MSi mengatakan bahwa seseorang yang obesitas kalau sudah terkena Covid-19 juga memiliki risiko besar terjadinya komplikasi.

Oleh sebab itu menjaga tubuh agar tidak obesitas bisa menjadi cara ampuh agar terhindar dari Covid-19. Dalam siaran langsung BNPB TV, Selasa (29/9/2020), Dr. Kerry pun membagikan beberapa cara yang bisa digunakan untuk menghindari obesitas.

“Untuk menghindari obesitas tentu saja kita harus mengukur input dan output. Jangan terlalu banyak konsumsi yang diberikan dan bagaimana cara menakarnya. Kita juga harus menjaga supaya pola hidup kita seimbang artinya tidak banyak sedentery kayak sekarang, seperti banyak duduk,” ujar Dr. Kerry.

Selama masa pandemi Covid-19, sebagian masyarakat melakukan work from home (WFH). Ia menyarankan agar seseorang terus beraktivitas meskipun berada di rumah. Hal ini bisa membantu seseorang untuk mencegah obesitas agar dapat terhindar dari Covid-19.

“Jadi walaupun kita diam di rumah, tapi setiap 4 jam sekali kita coba untuk keluar menghirup udara segar. Kemudian juga beraktivitas, artinya jalan kaki di sekitar rumah atau pun juga olahraga kecil terus dilakukan. Dengan work from home (WFH) ini juga kita jadi lupa waktu, terus saja gitu di depan gadget kita untuk melaksanakan kegiatan secara online,” tuntasnya.

Sumber: Okezone

Shares: